BUPATI

Purbalingga

Bupati Purbalingga Canangkan Gerakan Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Pembubuhan tandatangan pelopor keselamatan berlalu lintas1

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhendrianto, Minggu (9/3), mencanangkan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas. Acara pencanangan itu dibarengkan dengan pelaksanaan jalan sehat sosialisasi pemilu 2014 oleh KPU Purbalingga.

Acara  diawali dengan membubuhkan tanda tangan pada sebuah poster pelopor keselamatan berlalu lintas . Diantaranya oleh Bupati Sukento, Ketua DPRD Tasdi, dan sejumlah anggota forum koordinasi pimpinan daerah lainnya. Acara itu sendiri dibarengkan dengan kegiatan jalan sehat sosialisasi pemilu oleh KPU Purbalingga yang dipusatkan di stadion Goentoer Darjono Purbalingga.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi masa kampanye pemilu legislatif. Saya mengajak seluruh masyarakat Purbalingga untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Kita mulai dari diri kita untuk bersungguh sungguh dan penuh kesadaran mematuhi aturan lalu lintas,” kata Bupati Sukento sesaat sebelum melepas 1500 peserta jalan sehat  “Menuju Pemilu Jujur dan Adil”.

Dengan digelorakannya kampanye keselamatan berlalu lintas, lanjut Bupati, semua komponen masyarakat diharapkan terus meningkatkan upaya pencegahan terjadinya  kecelakaan. Sehingga tingkat kecelakaan lalu lintas di Purbalingga makin berkurang.

“Keselamatan berlalu lintas adalah tanggungjawab kita bersama. Semua ikut berperan,” tandasnya.

Menyangkut penyelenggaraan pemilu legislatif yang akan diselenggarakan 9 April mendatang, Bupati juga meminta masyarakat untuk ikut berperan mensukseskan pemilu. Salah satu caranya dengan datang ke TPS-TPS dan menyalurkan hak pilihnya sesuai pilihannya sendiri.

“Saya ingin pemilu legislatif nanti, 75 persen masyarkat Purbalingga nyoblos. Dan penyelenggaraanya dapat dilaksanakan dengan jujur dan adil, lancar, sukses, dan damai,” katanya.

Tindak Tegas

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Margono, mengingatkan jajaran peserta pemilu dan masyarakat, agar selama masa kampanye rapat umum (15 Maret – 5 April), tidak mengerahkan massa dengan arak-arakan.

Masyarakat juga diminta tetap menegakan aturan berlalu lintas sehingga pelaksanaan kampanye di Purbalingga dapat berlangsung lancar, aman, kamtibcarlantas tertib dan tidak terjadi fatalitas kecelakaan..

“Sesuai kesepakatan dengan parpol peserta pemilu, pada saat kampanye tidak ada lagi konvoi yang berputar-putar. Baik saat menuju lokasi maupun saat meninggalkan tempat kampanye. Itu kesepakatannya,” tandas Margono.

Selama masa kampanye, tambah Margono, pihaknya siap memberikan pelayanan pengamanan dan pengawalan di jalan. “Kita akan mengamankan jalur yang akan dilalui peserta kampanye. Apabila diminta, kami juga siap melakukan pengawalan para pejabat,” tambahnya.

Ketua KPU Sri Wahyuni menambahkan, acara jalan sehat sosialisasi pemilu 2014, merupakan kegiatan  yang dilakukan serantak di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut, diikuti 1500 peserta terdiri dari para steakholder, penyelenggara pemilu meliputi jajaran PPK, Panwas, PPS , dan masyarakat umum. Pihaknya mnenyediakan ratusan hadiah dan souvenir.

Sesuai pentahapan pemilu, saat ini para peserta pemilu sudah mulai melakukan kampanye melalui pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanya kepada umum, dan pemasangan alat peraga. Tahap berikutnya berupa kampanye rapat umum mulai 15 Maret hingga 5 April. “Masa kampanye terbuka akan kita awali dengan pawai parpol dan ikrar pemilu damai. Ini juga kegiatan serentak secara nasional,” katanya.

Tahapan berikutnya setelah kampanye, selama tiga hari ditetapkan sebagai masa tenang yakni tanggal 6 – 8 April.  “Pencoblosan dilaksanakan 9 April 2014,” pungkasnya. (/Hr)

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BUPATI © 2015