Bupati Lepas Kontingen Pramuka ke Tingkat Nasional

PURBALINGGA, INFO – Bupati Purbalingga, Tasdi melepas kontingen Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga untuk mengikuti Raimuna Nasional ke XI Tahun 2017. Pelepasan kontingen Purbalingga dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, Selasa (8/8).
Kontingen kwarcab Purbalingga mengikutsertakan dua regu, regu putra yang berjumlah 12 orang dan regu putri 12 orang dengan dua orang pimpinan kontingen. Raimuna Nasional ke XI Tahun 2017 diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu – Senin (13-21/8).
“Waktu pelaksanaannya Minggu, 13 Agustus sampai Senin, 21 Agustus 2017 bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur,” kata Diki Rahmawan, Pimpinan Kontingen Purbalingga.
Diki menjelaskan peserta Raimuna Nasional yang terdiri dari pramuka penegak dan pandega tahun ini berdasarkan hasil seleksi dari utusan pangkalan se Kwarcab Purbalingga. Peserta yang akan mewakili Kabupaten Purbalingga ke Tingkat Nasional telah mengikuti pelatihan sebanyak 10 kali.
“Kontingen Kwarcab Purbalingga yang berjumlah 26 orang telah mengikuti training centre sebanyak 10 kali mulai dari Bulan Februari sampai Agustus,” jelasnya.
Bupati Purbalingga, Tasdi menyampaikan selamat atas terpilihnya duta-duta pramuka Purbalingga yang akan mewakili Purbalingga untuk mengikuti Raimuna Nasional 2017. Sebuah kehormatan dan kebanggaan, lanjut Tasdi, atas kesempatan bagi peserta yang terpilih untuk mengikuti Raimuna Nasional ke XI di Cibubur.
“Adik-adik harus bersyukur karena diberi kesempatan untuk mengikuti Raimuna Nasional yang akan dilaksanakan di Cibubur,” ujar Tasdi.
Tasdi berpesan kepada duta-duta terpilih yang akan mewakili Purbalingga untuk dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin. Hal itu dikarenakan kegiatan Raimuna Nasional diselenggarakan lima tahun sekali, tentu menjadi suatu kesempatan emas bagi pramuka penegak dan pandega untuk dapat berlomba-lomba mengikuti kegiatan tersebut.
“Kita tahu Raimuna ini diadakan lima tahun sekali, oleh karena itu, dibutuhkan keseriusan adik-adik yang terpilih menjadi duta perwakilan Purbalingga untuk memberikan yang terbaik,” terang Tasdi.
Nantinya, bibit-bibit Pramuka yang ada dapat menjadi manusia-manusia yang kreatif, edukatif dan produktif sehingga mampu menghadapi berbagai permasalahan yang ada. Pramuka hadir untuk memperkuat integritas generasi bangsa yang kokoh dan kuat dengan mengamalkan pancasila.
“Oleh karenanya, jiwa pramuka jangan sampai lupa, pramuka jiwa pancasila,” tuturnya.
Tasdi berharap pramuka di Purbalingga tidak hanya merubah internal keluarga pramuka tetapi juga mampu merubah generasi Purbalingga yang siap menggapai masa depan. Selain itu, perwakilan kwarcab Purbalingga juga dapat menjadi manusia yang berkualitas dan berkarakter.
“Semoga kalian menjadi manusia-manusia yang produktif, kreatif dan edukatif sekaligus manusia-manusia yang berpancasila,” harapnya.
Tasdi berpesan kepada perwakilan Purbalingga yang mengikuti kegiatan Raimuna Nasional ke XI untuk tetap menjaga kesehatan dan stamina. Kemudian, ia mengimbuhkan agar para peserta mengikuti petunjuk dan arahan dari pembina, menjaga kekompakan dan menjaga nama baik Purbalingga.
“Ikuti arahan dari kakak pembina, jaga kebersamaan dan tentunya jaga nama baik Purbalingga,” pesan Tasdi. (PI-7)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *