PBGMemperingati hari jadi ke 184, masyarakat Purbalingga diharapkan lebih dewasa. Kalau dilihat dari umur manusia maka sudah ada 3 regenerasi dan jika dilihat dari tingkat kedewasaan manusia maka sudah 4,6 kali. Seperti kata pepatah tua itu pasti, dewasa itu pilihan.

Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto mengatakan momentum hari jadi ini diharapkan sebagai wahana refleksi dan introspeksi dalam bertindak agar lebih dewasa dalam segala hal. Dengan semangat bekerja keras, Bupati berharap dapat meningkatkan kinerja agar mendapatkan prestasi yang lebih sehingga dapat  membangun Purbalingga agar lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga melaunching pelayanan administrasi terpadu kecamatan atau lebih dikenal dengan istilah Paten di 18 kecamatan. Paten diharapkan dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah.

“ Saya berharap kepada semua camat se Kabupaten Purbalingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Sukento pada saat upacara memperingati Hari Jadi Purbalingga di Alun-alun, Kamis (18/12)

Selain melaunching Paten di Kecamatan, Bupati juga menginformasikan pemberlakuan pelaksanaan lima hari kerja. Pelaksanaan lima hari kerja ini mulai tanggal 2 Januari 2015, dengan jam kerja dimulai jam 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. Kebijakan ini menurtut Bupati diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan di semua lini.

Pada kesempatan itu juga Bupati memberikan piagam penghargaan dan bantuan tali asih kepada warga atau kelompok masyarakat yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun provinsi. Bantuan tersebut diserahkan kepada 9 kelompok dan 24 perorangan.

Terpisah Sekretaris Panitia Hari Jadi, Akhsan Mashuri mengatakan bantuan taliasih terbagi menjadi beberapa katagori nasional, provinsi dan masyarakat.  Katagori tingkat nasional terbagi menjadi kelompok dan perorangan. Untuk katagori kelompok juara satu masing –masing mendapatakan Rp 2,5 juta , juara 2 mendapatkan Rp 2 juta. Untuk katagori  perorangan juara 1 mendapatkan Rp. 1,5 juta, juara 2 mendapatkan Rp 1,25 juta dan juara 3 mendapatkan Rp. 1 juta.

Bantuan tali asih penghargaan tingkat provinsi untuk katagori  kelompok sebesar Rp 1,5 juta dan katagori perorangan sebesar Rp 1 juta. Total bantuan tali asih sebesar Rp 47,25 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014.

“Selain katagori diatas juga ada katagori tokoh masyarakat penggiat bidang lingkungan hidup. Pemberian akan diberikan pada acara malam resepsi (Kamis malam, 18/12),” pungkas Akhsan

Selesai upacara Bupati juga membuka expo dalam rangka hari jadi, pelaksananan expo selama 6 hari dimulai tanggal 18 -25 Desember. Pelaksanaan Pamera di lapangan SDN 2 Purbalingga  Lor atau sebelah barat Stadion Guntur Daryono.