PURBALINGGA – Dua pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga memasuki masa purna tugasnya pada bulan Oktober ini. Mereka diantaranya yakni Camat Karangreja Drs Didik Agus Purwanto, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Purbalingga, Ir Gunarto.  

Atas dasar tersebut, guna mengisi kekosongan jabatan sementara, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menunjuk dua pejabat sebagai pelaksana tugas (Plt), Jumat (4/10) di Ruang Kerja Bupati. Mereka diantaranya yakni Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda), Pandi SSos ditunjuk untuk merangkap sebagai Plt Camat Karangreja dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Drs Agus WInarno MSi ditunjuk merangkap sebagai Plt Kepala Dinaker Purbalingga.

Kepada Plt Kepala Dinaker, Bupati percayakan kepada Drs Agus Winarno MSi mengingat pengalamannya yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinaker. “Saya titip juga kepada Pak Agus karena di media sosial sudah ramai terkait dengan demonstrasi buruh lanjutan. Saya titip untuk dikordinasikan dalam waktu dekat dengan internal Dinaker agar nantinya suasana tetap kondusif,” katanya.

Bupati menambahkan, persoalan buruh tersebut untuk bisa komunikasikan apa yang jadi aspirasi. Meskipun pada unjuk rasa yang sebelumnya, Bupati telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada perusahaan-perusahaan untuk menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi dari unjuk rasa tersebut.  

“Saya memaklumi, perusahaan tidak instant, tidak serta merta dalam implementasinya, tapi sejauh ini Apindo juga tenang sehingga dimohon kerjasamanya membuat Purbalingga lebih kondusif,” katanya.

Bupati juga merencanakan untuk kunjungan ke perusahaan-perusahaan, dalam rangka menyerap aspirasi pelaku usaha dan apa yang perlu difasilitasi oleh pemerintah dan sebagainya. Sementara itu, kepada Plt Camat Karangreja, bupati mempercayakan Pandi SSos mengingat pengalamanya di wilayah dan sempat menjabat sebagai camat di berbagai kecamatan.

“Sekaligus sebagai upaya pembinaan ke lapangan saya titip Kecamatan Karangreja untuk bisa didampingi untuk dikordinasikan dengan baik. Jadi mungkin jika tidak selalu stay di sana bolak balik karena saya yakin tugas di Bagian Pemerintahan Setda cukup banyak jadi simultan bagaimana dua-duanya bisa jalan bersamaan, jadi saya titip,” katanya.

Jabatan selaku Plt  ini diberikan sampai dengan ditetapkannya pejabat definitif atau diangkatnya pelaksana tugas lainnya. Penyerahan Surat Keputusan (SK) Plt Camat Karangreja dan Plt Kepala Dinaker ini disaksikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, pejabat dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Purbalingga dan Kabag Humas dan Protokol Setda.(Gn/Humas)