Pemberangkatan Calon Haji Purbalingga 201412

 

 

 

 

 

 

Sebanyak 375 jamaah calon haji (calhaj) asal kabupaten Purbalingga diberangkatkan menuju tanah suci oleh Bupati Sukento Rido Marhaendrianto di komplek Pendapa Dipokusumo, Rabu pagi (17/9). Jamaah sebanyak itu terbagi menjadi dua kelompok terbang yakni kloter 45 sejumlah 249 orang dan kloter 46 sebanyak 126 orang.

“Mohon doa agar Purbalingga aman, selamat tidak ada apa-apa. Masyarakat Purbalingga menjadi makmur, sejahtera dan berakhlakul karimah,” pinta Bupati didampingi Sekda Imam Subijakto dan Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), Rochiman yang juga Kepala Kemenag dan Kabag Kesra M Nurhadi.

Bupati berpesan agar para tamu Alloh yang tahun ini berkesempatan berangkat ke tanah suci, agar selalu menjaga kesehatan guna memaksimalkan ibadah saat di tanah suci. “Doa kami agar panjenengan semua selalu  diberikan kesehatan, dimudahkan dalam semua rangkaian ibadahnya baik yang wajib maupun yang sunah serta dihindarkan dari segala kesulitan. Pulangnya membawa predikat haji mabrur,” kata Sukento.

Kepala Kantor Kementerian Agama, H Rochiman menuturkan, dari 375 calhaj yang terdiri dari 200 laki-laki dan 175 perempuan dari Kabupaten Purbalinga terdapat 3 orang batal berangkat. Karena dalam proses persiapan, mereka meninggal dunia.

“Sebenarnya jamaah haji yang berangkat sebanyak 376 orang dan yang batal berangkat sebanyak 5 orang, tiga diantaranya meninggal dunia. Yang mutasi keluar sebanyak 2 orang yakni ke Kabupaten Banyumas dan mutasi masuk sebanyak 1 orang dari Kabupaten Cilacap. Jadi jamaah yang diberangkatkan dari Purbalingga keseluruhan berjumlah 375 orang” ujar Rochiman.

Dia memaparkan, tiga calhaj meninggal dunia dalam proses persiapan yakni, atas nama Fatimah warga Kecamatan Bobotsari, Siti Munfangati warga kelurahan Bancar, dan Maryuti warga Losari Kecamatan Rembang.

Dalam rombongan calhaj Purbalingga, Lailatul Badriyah binti Nurhadi Chamid berumur 28 tahun menjadi jamaah calon haji termuda. Dia berasal dari desa Pekiringan RT.01 / RW.01 Kecamatan Karangmoncol. Sedangkan untuk jamaah haji tertua atas nama Soegeng Ramelan bin Yasmuni dengan umur 96 tahun berasal dari Desa Mangunnegara RT.05/ RW.03 Kecamatan Mrebet.

Rencananya, calhaj Purbalingga yang tergabung dalam kloter 45 bersama calhaj Kabupaten Banjarnegara, akan berangkat dari Donohudan , Solo pada Kamis (18/9) pukul 14.40 WIB. Sedangkan kloter 46 tergabung bersama calhaj Kabupaten Banyumas, berangkat dari Donohudan pada hari yang sama pukul 18.55 WIB.

Di Jeddah, calhaj Purbalingga kloter 45 menempati pemondokan di Jarwal Maktab 50 nomor H-01 dan kloter 46 di Misfalah Maktab 62 nomor J-02.