Apel Pagi Bupati di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR)

OPD Harus Mampu Terjemahkan Kebijakan Pemkab

PURBALINGGA, INFO- Terkait banyaknya tanggapan masyarakat di berbagai media sosial tentang kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Bupati Purbalingga H. Tasdi SH MM meminta kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kab. Purbalingga untuk melaksanakan semua kebijakan dengan mengedepankan kepentingan masyarakat. Hal itu dikatakannya saat memimpin apel pagi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), Senin (19/03).

“Saya contohkan trotoar yang sampai saat ini masih mendapat tanggapan buruk dari masyarakat, seharusnya dinas terkait (Dinas PU PR –red) melaksanakannya sesuai peraturan yang telah digariskan Kementerian PU PR, “ kata Bupati Tasdi.

Dalam apel pagi tersebut, Bupati Tasdi kembali menyampaikan bagaimana Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memahami 5 (lima ) agenda kerja yaitu agenda intelektual, struktural, managerial, behaviour dan sosial. Menurutnya, ASN wajib membaca, wajib memahami dan mampu melaksanakan kelima agenda sehingga diharapkan penyelenggaraan pemerintahan akan berjalan dengan baik tanpa sering mendapat keluhan dari masyarakat.

Bupati Tasdi juga menambahkan, OPD harus bisa memilah, mencari peta daerah mana yang seharusnya mendapatkan perhatian, misalnya gerakan gemar membaca dilaksanakan pada daerah yang warganya masih banyak buta huruf, kemudian gemar makan ikan pada daerah yang konsumsi ikannya rendah, jangan sebaliknya kegiatan-kegiatan terpusat di wilayah yang sudah maju, namun meninggalkan  wilayah lain yang masih membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah.

Kepada Kepala Dinas PU PR yang baru dijabat oleh Priyo Satmoko, SH MH, Bupati berpesan agar Kadin yang baru mampu membawa perubahan, mampu menunjukkan hasil yang lebih baik  dengan memanfaatkan seluruh potensi dan menggerakkan seluruh komponen Dinas PU PR melaksanakan kelima agenda kerja.

“Karena menjadi pemimpin itu susah, harus mampu menggerakkan seluruh sumber daya, sarana prasarana, dan bekerja sesuai aturan yang ada, tidak untuk gembalang-gembeleng saja, namun dibutuhkan hasil inovasi dan kreatifitasnya,” katanya.

Bupati menambahkan, sesuai  lima agenda kerja, Kadin PU PR yang baru harus mampu mencerdaskan kinerja Dinas PU PR, mampu memanagement seluruh ASN nya menjadi ASN cerdas yang berbudaya, menjadi pekerja keras, namun tetap berjiwa sosial dengan turun langsung ke lingkungan sekitar membantu warga yang membutuhkan bantuan. (PI-5 / PI-4)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *