PURBALINGGA, INFO – Agenda berbeda dilakukan oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM. Bersama rombongan forkopimda dan jajaran perangkat wilayah Kecamatan Rembang, Bupati Tasdi melakukan ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.

            Tampak hadir mendampingi bupati, Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, Ketua DPRD H. Tongat, SH, MM, Dandim 0702 Purbalingga Letkol Inf Andi Bagus D.A, Danlanud JB Soedirman Letkol Penerbang Putu Sucahyadi, Sekda Wahyu Kontardi, SH dan jajaran pimpinan OPD.

            Para kepala desa dan tokoh masyarakat  wilayah Kecamatan Rembang juga tampak berkumpul di tempat tersebut guna melakukan ziarah ke makam Jenderal Besar Sudirman, yang masuk dalam rangkaian acara Festival Jenderal Soedirman (FJS) II yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari lahir dan khaul Jenderal Soedirman.

            “Pemkab Purbalingga akan mentradisikan berziarah kesini (Makam Jenderal Soedirman-red) untuk mengawali penyelenggaraan Festival Jenderal Soedirman tiap tahunnya,” ujar Bupati Tasdi usai ziarah, Kamis (1/2).

            Diadakanya Festival Jenderal Soedirman yang sudah memasuki tahun kedua dan ziarah ke makam Jenderal Soedirman merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasanya kepada bangsa.

            “Selain untuk mendoakan, ziarah ini untuk mengenang spirit dan keteladaan beliau. Ini wajib diketahui dan ditiru oleh generasi muda kita guna mengisi kemerdekaan. Apalagi kita warga Purbalingga yang menjadi tanah kelahiranya,” katanya.

            Bupati juga mengajak jajarannya bersama seluruh aparatur di Purbalingga agar meneladani langkah perjuangan Jenderal Soedirman yang pantang menyerah, dimana dalam keadaan sakit tetap berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

            “Sifat beliau harus bersama-sama diteladani, sehingga semangat perjuangan yang berkobar dari beliau bisa mematri kepada semua aparatur khususnya dalam membangun Purbalingga lebih maju dan berakhlakul karimah,” tegasnya.

            Junedi, Kepala Seksi (Kasi) Kepahlawanan Kejuangan Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial (K3KS)  Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta menyambut baik kegiatan ziarah yang dilakukan jajaran pemerintah kabupaten Purbalingga. Apalagi kegiatan yang dilakukan Bupati akan dilakukan rutin setiap tahun.

            “Ziarah biasanya dilaksanakan pada peringatan hari besar nasional dan hanya oleh pemerintah Yogyakarta dan keluarga. Semoga yang dilakukan Purbalingga dapat mempererat silaturahmi Purbalingga dengan Yogyakarta fan keluarga besar Pak Dirman,” katanya.

            Saat ini, lanjut Junedi, komplek TMPN Kusumanegara menjadi peristirahatan terakhir lebih dari 2500 pahlawan. Diantaranya terdapat 5 pahlawan nasional yakni Panglima Besar Jenderal Soedirman, Soepeno (Menteri Pembangunan Pemuda),  Jenderal Oerip Soemohardjo, Kolonel Sugiono dan Katamso.

            Usai ziarah rombongan kepala desa dan tokoh masyarakat Rembang berkesempatan melihat Museum Sasmitaloka atau Museum Jenderal Besar Soedirman Yogyakarta. “Di Yogya ada museum rumah tinggal beliau (Jenderal Soedirman-red), di Purbalingga ada museum kelahiran beliau. Supaya ada keterkaitan MTL Soedirman perlu dikembangkan lebih baik lagi,” kata Camat Rembang Drs Suroto, M.Si. (PI-4)