Bantu Ringankan Beban Warga, Pemkab Adakan Pasar Murah

PURBALINGGA- Lonjakan harga kebutuhan pokok memasuki bulan Ramadhan, tentunya dirasakan berat oleh sebagian warga karena ada beberapa komoditas yang mengalami lonjakan cukup tinggi. Sejak minggu lalu, komoditas yang mengalami lonjakan harga cukup tinggi terjadi pada bawang putih kating, cabe merah, daging ayam, dan juga daging sapi.

“Memasuki bulan Ramadhan tentunya harga-harga kebutuhan pokok melonjak seperti bawang putih dan juga cabai, maka Pemerintah Kabupaten Purbalingga melaksanakan kegiatan pasar murah yang diharapkan akan dapat bermanfaat membantu masyarakat meringankan bebannya dari terjadinya lonjakan harga,” kata Bupati Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM dalam sambutannya membuka kegiatan pasar murah di desa Tanalum Kecamatan Rembang, Rabu (08/05).

Hadir didampingi suami Rizal Diansyah SE dan sejumlah pejabat Pemkab Purbalingga, Bupati Dyah H Pratiwi dalam kesempatan tersebut membagikan bantuan paket bahan makanan pokok berupa daging sapi, daging ayam, lele, beras sejumlah 732 paket dan juga 200 paket minyak goreng. Selain membagikan ke warga secara cuma-cuma, sejumlah OPD, BUMN/BUMD dan pihak lainnya turut serta berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah yang digelar di halaman SDN 1 Tanalum Kec Rembang dengan memberikan harga bahan pokok dan kebutuhan lain yang telah dikemas dengan harga yang lebih murah.

“Saya mengawali kegiatan pasar murah Ramadhan disini karena desa Tanalum tercatat sebagai salah satu daerah zona merah di Kecamatan Rembang, saya kesini membagikan 732 paket sembako gratis, selain itu ada juga stand penjualan paket sembako yang bisa diperoleh dengan harga lebih murah dari pasaran,” tuturnya.

Sejumlah pihak diantaranya dari forum BUMD, BI Purwokerto, Bank Jateng, PD Owabong, Dinas Pertanian, Gabungan Pengusaha Indonesia (GAPENSI) Purbalingga, APINDO, BMPD dan PMTP menjual 1.415 paket sembako berkupon dengan harga jual lebih murah dari harga yang ada di pasaran yakni beras, mie instan, minyak goreng, gula pasir dan beberapa bahan pokok lainnya. Yang menarik, seperti pada pasar murah tahun lalu, ada potong rambut gratis dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab Purbalingga.

Diketahui, dua hari sebelumnya pada awal Ramadhan 1440 hijriah, Bupati Dyah H Pratiwi melakukan pantauan harga kebutuhan bahan pokok bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Purbalingga di Pasar Segamas dan Pasar Karanganyar, Senin (06/05). Dari hasil pantauannya ditemukan sejumlah kebutuhan pokok yang mulai mengalami kenaikan harga dengan kisaran Rp 2.000 pada daging ayam, Rp 3.000 pada cabai sampai dengan kenaikan harga tertinggi Rp 10.000 pada komoditas bawang putih kating. (t/humpro2019)

Mungkin Anda juga menyukai