PURBALINGGA – Berkah kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) yang diselenggarakan oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM dan rombongan tim tarling kabupaten Purbalingga langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Sejumlah titik kerusakan jalan menuju Desa Sirau Kecamatan Karangmoncol bakal segera diperbaiki guna menunjang kelancaran transportasi warga.

“Tadi dalam perjalanan menuju ke sini (Sirau-red) kita jumpai beberapa titik jalan dari Kramat ke Sirau sudah mulai rusak dan membahayakan. Nanti segera kita tambal dan dalam jangka panjang juga akan kita aspal agar jalannya bagus,” ujar Bupati Tasdi saat memberikan sambutan pada kegiatan Tarling putaran kedua di Masjid Jami Al Ma’unah Sirau, Kamis (24/5).

Menurut Bupati diselenggarakannya kegiatan tarling selain untuk membangun peningkatan spiritual, membangun ukuwah dan kebersamaan serta membangun kultur atau budaya perilaku disiplin dikalangan ulama, pemerintahan dan masyarakat. Juga sebagai sarana menyampaikan informasi dan monitoring berbagai permaslahan yang ada di wilayah.

“Salah satunya tadi, karena ada kegiatan tarling kita jadi tahu kalau jalan dari Kramat menuju Sirau ada lima titik yang rusak. Sampai-sampai mobilnya Pak Asisten 1 ban-nya pecah. Saya minta kepada Kepala DPUPR (Priyo Satmoko-red) segera melangkah untuk diperbaiki. Paling tidak sebelum lebaran nanti sudah lebih nyaman dilalui,” katanya disambut tepuk tangan riuh warga yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Sementara, Camat Karangmoncol Titis Panjerahino menuturkan proyek fisik yang digelontorkan di wilayahnya pada 2018 ini diantaranya pembangunan jembatan Kali Gintung, peningkatan kapasitas jalan Pepedan – Tegalpingen, serta peningkatan jalan Karangmoncol-Rajawana.

“Untuk kegiatan ADD dan DD sudah mulai berproses. Termasuk diantaranya di desa Sirau yang  digunakan untuk pembangunan fisik pengaspalan jalan, pembangunan talud, drainase dan lainnya,” katanya.

Selain perbaikan jalan, kehadiran tim tarling pemkab Purbalingga juga membawa sejumlah bantuan dan bingkisan untuk warga dan takmir masjid setempat. Diantaranya, Bupati Tasdi menyerahkan bantuan genset dan paket bingkisan lainnya untuk masjid jami Al Ma’unah yang diterima langsung oleh takmir masjid Sucahyo.  Bingkisan juga berasal dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga Ny. Erni Widyawati, Ketua DPRD, BUMD, dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengikuti rombongan Bupati.

Selain itu, Baznas Purbalingga juga memberikan bantuan untuk guru ngaji atau TPQ dan petugas masjid. Bantuan lainnya berasal dari lembaga Prosa Ayfam kabupaten Purbalingga berupa bantuan peralatan sekolah untuk anak yatim piatu. (Hr/humas)