Biro Wisata se-Jawa Dikenalkan Sejuta Pesona Purbalingga

PURBALINGGA, INFO – Sejumlah Biro Wisata yang berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa, selama dua hari, Selasa – Rabu (20-21/3) dikenalkan Pesona Wisata Purbalingga, melalui kegiatan famtrip Purbalingga Sejuta Pesona 2018. Sejumlah destinasi wisata potensial dikunjungi para pelaku jasa perjalanan wisata seperti Goa Lawa, Rest Area Lembah Asri (D’LAS) Serang, Wisata Industri Knalpot Sayangan dan Taman Reptil.

Mereka dilepas oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM usai Pengukuhan Asosiasi Biro Wisata Purbalingga (Asbiling) di komplek Pendopo Dipokusumo, Selasa (20/3).

Pada hari pertama, 150 peserta famtrip yang terdiri dari pengelola biro wisata, bloger, dan jurnalis media cetak maupun televisi diajak menyusuri keindahan alam Goa Lawa di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja. Usai menyusuri Goa yang bakal dikembangkan menyerupai goa di Guilin, Cina Selatan, sejumlah peserta menyatakan optimis nantinya bisa menjadi destinasi unggulan.

“Goanya bagus. Apalagi bila nanti sudah dikembangkan. Kami akan sangat senang membawa wisatawan kesini,” ujar Agustin dari Madina Wisata Kota Banjar, Jawa Barat.

Usai bercengkrama dengan segarnya gemerecik air di dalam goa, peserta famtrip diajak ke Desa Wisata Serang, masih di wilayah Kecamatan Karangreja. Beruntung, suasana sore itu sangat cerah sehingga sepanjang perjalanan hingga rest area Lembah Asri Serang atau lebih dikenal dengan nama D’LAS, mereka disuguhi pemandangan khas pegunungan yang dipenuhi hamparan kebun strawberi dan gagahnya Gunung Slamet.

Ditempat ini, mereka hanya melakukan transit sebelum bermalam di homestay yang sudah disiapkan. Malam harinya, sembari menikmati dinginya malam di area D’LAS, mereka menikmati gala dinner sambil sesekali mencicipi hangatnya jagung bakar D’LAS. Malam kebersamaan bertambah hangat saat Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM turut hadir bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kami berkomitmen mengembangkan pariwisata di Purbalingga. Daerah ini akan kita garap menjadi kawasan wisata Gokuse meliputi goa lawa yang nanti menjadi golaga, kutabawa dengan taman langitnya dan Serang yang akan semakin berkembang adanya resort dan taman wisata,” kata Tasdi.

Setelah acara gala dinner, mereka merasakan keramahtamahan saat beristirahat di home stay . Paginya, agenda dilanjutkan dengan mengunjungi potensi wisata industri knalpot Sayangan dan wisata edukasi Taman Reptil di Desa Kutasari Kecamatan Kutasari.

“Agenda famtrip kali ini mengusung tagline Purbalingga Sejuta Pesona. Sehingga para pengelola biro wisata tidak hanya diajak menikmati pesona wisata saja, tapi juga kita ajak mengunjungi kawasan industri knalpot Purbalingga yang produknya sudah mendunia,” kata Ketua Asosiasi Biro Wisata Purbalingga (Asbiling), Wasis Abadi.

Harapanya, para biro wisata memiliki gambaran bagaimana sejuta pesonanya Purbaljngga untuk dapat dipasarkan di daerahnya masing-masing. Disamping itu, biro wisata lokal Purbalingga tidak hanya membawa wisatawan ke luar daerah, namun dapat mendatangkan wisatawan ke Purbalingga. Hal ini untuk merealisasikan harapan Bupati Tasdi yang menargetkan 5 juta kunjungan wisata tahun 2018 ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *