Bupati Berikan Bulu Mata untuk 32 Mahasiswa

PURBALINGGA, INFO – Bupati Purbalingga, H Tasdi, SH, MM menerima 32 mahasiswa Praktek Kerja Nyata (PKN) dari Politeknik Kesehatan (Poltekes) kemenkes Jakarta II. Penyerahkan Mahasiswa PKN Poltekes Kemenkes Jakarata II Prodi Jurusan Kesehatan Lingkungan tersebut dilakukan oleh Direktur Poltekes Kemenkes Jakarta II, Joko Sulistyo, S.T. ,M. Kes di Operation Room Graha Adiguna Kompleks Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Rabu (14/03/2018).

Pada saat serah terima dilakukan, suasana sempat sontak meriah ketika bupati mengatakan akan memberikan bulu mata untuk 32 Mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi Jakarta tesebut. “Selain direkturnya yang dapat produk umkm, nanti mahasiswanya saya kasih bulu mata khas purbalingga untuk kenang-kenangan. Mahasiswa yang perempuan bisa dipakai langsung, yang laki-laki untuk kekasihnya lah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Tasdi mengatakan Pemkab Purbalingga membuka pintu yang selebar-lebarnya untuk Perguruan Tinggi yang akan melakukan PKN ataupun Kuliah Kerja Nyata (KKN)  di Kabupaten Purbalingga. “Saya harap mahasiswa mampu melaksanakan upaya – upaya strategis dan inovatif dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan tentunya sesuai bidang ilmunya pada sektor kesehatan di desa miskin dan Puskesmas yang mewilayahi desa miskin,” katanya.

Tambah bupati, mahasiswa juga diharapkan dapat menerapkan prinsip empowering yaitu memberdayakan masyarakat, educating yaitu belajar dan memberikan pembelajaran pada masyarakat dan enlightening memberikan pencerahan pada masyarakat.

Plt Bapelitbangda Kabupaten Purbalingga, Kusmartadi, SH mengatakan 32 Mahasiswa tersebut akan ditempatkan di 4 desa/puskesmas yang tergolong desa prioritas/desa merah. “Kegiatan PKN dilakukan selama 1 bulan mulai 12 Maret – 12 April 2018 di Desa Toyareja, Desa Kedungbenda, Desa Kembangan Bukateja, dan Desa Kutawis,” katanya.

Sementara itu, Direktur Poltekes Kemenkes Jakarta II, Joko Sulistyo, S.T. ,M. Kes dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Purballingga atas sambutanya dan berharap kerjasama dapat terus terjalin. Ia mengatakan tema PKN ini yaitu pemerdayaan masyarakat di bidang kesehatan lingkungan dengan mengakselerasi rumah sehat dan desa bebas buang air besar sembarangan/odf.

Harapnya, Mahasiswa dapat memberikan sumbangsih yang nyata khususnya dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat di Kabupaten Purbalingga. “Mahasiswa dapat proses transfer ilmu sesuai bidang ilmunya kepada masyarakat sehingga memberikan manfaat dan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat,” katanya. (PI6/PI5)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *