PURBALINGGA-DINKOMINFO, Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 tahun 2017 Dinas Kesehatan Purbalingga menyelenggarakan Pertandingan Badminton khususnya di jajaran bidang Kesehatan. Pertandingan Badminton tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai 5-6 November bertempat di lapangan Bulutangkis komplek Setda, Minggu (5/11).

Untuk memupuk rasa persaudaraan sesama insan olah raga, maka penyelenggaraan Badminton juga diikuti oleh R1 Club, Polres, Dandim, Batalyon dan Lanud. Sistim yang digunakan dalam pertandingan tersebut menggunakan sistim gugur dengan rally point 21. Pertandingan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Purbalingga Tasdi, SH., MM yang didampingi unsur Forkopimda serta Jajaran Dinkes dan Direktur Rumah Sakit Se-Purbalingga.

Dalam sambutannya Bupati Tasdi menyampaikan pentingnya mewujudkan Purbalingga Sehat melalui Gerakan Masyarakat Menuju Sehat (Germas) salah satunya yaitu olah raga yang teratur disamping makan buah-buahan dan istirahat yang cukup. “Problematika kesehatan itu ada 2 yaitu yang sifatnya Introspeksi dan Intropospektif,” ujar Bupati saat membuka Turnamen tersebut.

Introspeksi lanjut Bupati selama ini masih banyak dijajaran ASN yang masih suka begadang atau tidurnya terlalu malam, sehingga belum bisa mengontrol pola hidupnya. Sedangkan Intropospektif yaitu dengan mewujudkan Purbalingga sehat dengan melaksanakan Germas yaitu melalui makan buah-buahan, istirahat yang cukup dan olah raga yang teratur. “Jangan banyak hutang dan banyak istri, tidak sehat serta tingkatkan Ibadahnya,” tutur Bupati yang juga Penasehat R1 Club.

Grup Bulutangkis R1 Club merupakan grup bulutangkis yang dipimpinnya dimana Bupati Tasdi sebagai Penasehat sedangkan Ketuanya Angkat Sutanto Mantan Camat Karangreja. Bupati Tasdi juga mempersilahkan kepada masyarakat umum yang ingin latihan bersama dengan R1 Club di hari Jum’at dan Minggu pagi di lapangan Badminton komplek Setda. Sebelumnya saat masih menjabat Wakil Bupati, Tasdi juga bermain di lapangan Badminton komplek Pendopo Cahyana dengan nama R2 Club. “Kalau pindah ke Semarang jadi H1 Club, mimpi kan boleh tapi bukan sekarang,” ungkapnya disambut tepuk tangan peserta pertandingan.

Ketua Panitia Badminton HKN Muh. Umar Fauzi menuturkan pertandingan Badminton tersebut juara 1 diraih oleh Tim RSIB Ummu Hanni, juara 2 Puskesmas Karangmoncol dan juara 3 diraih R1 Club dan Polres. “Pemenang akan mendapatkan piala dan uang pembinaan yang akan diterima saat Upacara HKN di Halaman Pendopo Dipokusumo tanggal 13 November,” ujar Umar yang juga selakau Sekdin Dinkes.(P1-3)