PURBALINGGA, Bupati Purbalingga Tasdi, SH., MM mencanangkan 4 Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan yang dipusatkan di desa Kalialang Kecamatan Kemangkon. Ke empat desa tersebut yaitu desa Kalialang Kecamatan Kemangkon, Sinduraja Kecamatan Pengadegan, Bajong Kecamatan Bukateja dan Karangreja Kecamatan Karangreja. “Dengan mengucapBismillahirrahmanirrahimi, maka Saya canangkan desa Kalialang, Bajong, Sinduraja dan Karangreja sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Purbalingga,” ucap Bupati Tasdi saat pencanangan yang dipusatkan di desa Kalialang Kemangkon, Minggu (15/10).

Bupati Tasdi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto dibawah kepemimpinan Imron Fatoni yang telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya; Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, pembagian sembako sebanyak 1200 paket, RTLH, pembagian peralatan ibadah dan pemberian santunan bagi pekerja. Kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto dimana Purbalingga masuk dalam wilayahnya, menurut Bupati Tasdi merupakan kegiatan yang Pro Rakyat sekaligus juga bentuk nyata dari Pro Kesejahteraan karena telah membagi-bagikan berbagai santunan dan bantuan kepada warga masyarakat. “Sungguh luar biasa,” puji Bupati Tasdi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tasdi menjelaskan bahwa pembentukan BPJS Ketegakerjaan mendasarkan pada UU Nomor 24 Tahun 2011 yang pada intinya mengamanatkan bahwa setiap pekerja baik  formal maupun non formal diharapakan ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan. Di Purbalingga sendiri tenaga kerja yang telah masuk dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sudah mencapai 85%.

BPJS Ketenagakerjaan mencakup 4 program yaitu: Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian. BPJS sendiri bersifat mengkaver serta melindungi (protect) tenaga kerja dari berbagai kemungkinan yang akan terjadi, sehingga pada kesempatan tersebut Bupati Tasdi menghimbau agar warga masyarakat ikut BPJS Ketenagakerjaan maupun yang BPJS Kesehatan.”Kalau bisa ikut dua-duanya, biar lebih tenang,”ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tasdi juga tidak mau ketinggalan dengan membagi-bagikan Beras Rasbangga kepada warga masyarakat Kalialang sebanyak 107 paket beras. Dalam setahun tuturnya, Bupati Tasdi membagi-bagikan beras kepada warga masyarakat berjumlah 150 ton sebagai bentuk kepeduliannya kepada warga masyarakat khususnya warga masyarakat yang kurang mampu. “Berase apik, ora apek,” ungkapnya didampingi Para Pejabat OPD.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Imron Fatoni menuturkan bahwa jumlah tenaga kerja yang ikut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Purbalingga ada 955 perusahaan, dengan jumlah tenaga kerja 44.200 pekerja, sedang yang ikut dalam Program Jaminan Pensiun ada 22.000 pekerja. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto dalam memberikan pelayananya selama ini telah melakukan Mou kerja sama dengan semua Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Purbalingga.” Ada 4 Rumah Sakit, 2 Klinik dan 24 Puskesmas yang tersebar menangani apabila ada pekerja yang mengalami kecelakaan bagi yang ikut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,”pungkasnya.(PI-3/Dn).

Keterangan Foto:

Bupati Tasdi mencanangkan Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan yang dipusatkan di Desa Kalialang Kecamatan Kemangkon dengan pemukulan Gong sebagai tanda dimulainya pencanangan.