Bupati Lakukan Pantauan Pelaksanaan Pilpres di Purbalingga Lancar

PURBALINGGA – Penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) di Purbalingga berjalan lancar dan aman. Hal itu disampaikan Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto usai melakukan pemantauan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kedatangan pemilih juga cukup tinggi. Saya rasa partisipasinya bakal lebih tinggi dari pileg lalu,” ungkap Bupati Sukento usai pemantauan di Pendapa Dipokusumo, Rabu (9/7/2014).

Dari rencana semula akan memantau 9 TPS, hanya dilaksanakan di tiga TPS masing-masing di TPS  1 Bancar kecamatan Purbalingga, TPS desa Sinduraja (Kaligondang) dan TPS desa Pengadegan (Pengadegan).  Bupati didampingi Kapolres, Dandim, Kajari, dan unsure Desk Pilpres Purbalingga.

Hal sama dilakukan tim II yang semula diagendakan bersama Wabup Tasdi, hanya diikuti Sekda Imam Subijakto, Asisten Pemerintahan  Kodadiyanto, dan sejumlah pejabat lainnya, hanya memantau tiga lokasi yakni TPS Desa Gembong (Bojongsari), Majapura (Bobotsari dan Desa/Kecamatan Karangreja.

Kapolres Purbalingga AKBP I Ketut Suwitra Adnyana juga menyatakan kondisi keamanan setidaknya hingga pukul 11.00 aman terkendali. Berdasarkan pemantauannya, situasi kamtibmas cukup kondusif dan kehadiran masyarakat ke TPS dapat dilaksanakan dengan aman tanpa gangguan.

“Sampai saat ini tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan aman,” tandasnya.

Kapolres kembali mengingatkan masyarakat, parpol dan tim sukses, bila penyelenggaraan pilpres telah berjalan baik maka tidak ada lagi hal-hal yang perlu dipermasalahkan. “Tidak perlu mendengarkan suara orang yang belum tentu kebenarannya. Sehingga tidak terprovokasi,” pintanya.

Sebelumnya, Bupati Purbalingga bersama istri Hj Erna Sukento menyalurkan suaranya di TPS 10 Kelurahan Purbalingga Lor. Di tempat ini, sesuai perhitungan suara yang telah dilaksanakan, Capres nomor urut 1 Prabowo Subiyanto – Hatta Rajasa unggul dengan perolehan suara 164 dibanding pasangan Jokowi – Jusuf Kalla yang hanya memperoleh 160 suara.

Berdasarkan pemantauan, di TPS 9 Perumahan Puri Babakan, Prabowo – Hatta juga unggul. Pasangan nomor 1 ini memperoleh 223 suara sedangkan Jokowi – JK hanya 123 suara. Namun di TPS 1 Bancar pasangan Jokowi – JK unggul 205 suara dan Prabowo – Hatta hanya 154 suara.

Di tempat lainnya, TPS 1 desa Selabaya Kecamatan Kalimanah, Prabowo memperoleh 170 suara dan Jokowi 197 suara. Demikian pula di TPS 2 Prabowo hanya 169 dan Jokowi mampu mengumpulkan 253 suara.

Tabulasi Pemkab

Pemkab Purbalingga dalam hal ini Desk Pilpres bersama Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dinhubkominfo) juga menggelar tabulasi hasil suara Pilpres di sekretariat Desk Pilpres Kantor Kesbangpol Purbalingga.

Hingga pukul 16.45, suara masuk sudah mencapai 50,45 persen dari DPT 727.777 pemilih. Perolehan suara sementara yang telah masuk masing-masing untuk pasangan nomor 2 Jokowi – JK mengumpulkan 168.388 suara atau 63,4 persen dan pasangan Prabowo – Hatta 97.171 suara atau 36,6 persen.

Posisi perolehan suara masih akan terus berubah seiring makin banyaknya suara yang masuk ke system tabulasi suara sementara Pilpres 2014. (Hardiyant0)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *