Bupati Lanjutkan Kegiatan Gebrak Gotong Royong dan Gebyar Germas

PURBALINGGA, INFO – Bupati Purbalingga H Tasdi, SH, MM bersama Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga Ny. Erny Widyawati Tasdi kembali melanjutkan berbagai kegiatan bersama masyarakat. Sabtu pagi (29/7), Bupati yang disengkuyung seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan kegiatan Gebrak Gotong Royong di Desa Pandansari Kecamatan Kejobong dan Gebyar Germas Puskesmas Kecamatan Kejobong yang dipusatkan di lapangan Desa Pangempon. Bupati juga meresmikan dioperasikannya gedung BUMDes Bersama Sejahtera Kecamatan Kejobong.

“Ini kegiatan pertama setelah jeda puasa dan lebaran. Mulai Agustus nanti kegiatan seperti ini kita laksanakan seminggu sekali. Termasuk kegiatan Subuh Berjamaah Keliling,” kata Bupati Purbalingga Tasdi saat meletakan batu pertama rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di rumah Muhdari Satam, warga RT 13 RW 5 Desa Pandansari, Kejobong.

Dalam rangkaian kegiatan Gebrak Gotong Royong Masyarakat didesa ini, Bupati mengawali kegiatan bersama masyarakat setempat yang bergotong royong membangun rabat beton. Kegiatan dilanjutkan dengan merehab dua rumah warga yakni rumah Muhdari Satam dan Wiarji Walan. Kedua warga mendapat bantuan rehab RTLH dari dana desa setempat masing-masing Rp 10 juta.

“Untuk membantu menyelesaikan rehab rumah, saya membantu semen masing-masing 20 sak. Kemudian untuk pemuda yang akan membangun lapangan bola volli, kita bantu 30 sak semen,” katanya.

Bupati menuturkan, program Gebrak Gotong Royong, Gebyar Germas dan Rehab RTLH dilaksanakan untuk menyemangati masyarakat bersama-sama membangun desanya sehingga berkontribusi terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Purbalingga. “Tahun lalu kita sudah merehab 3000 RTLH. Tahun ini, akan ada 4000 RTLH yang bakal direhab, ditambah kontribusi para kepala desa melalui dana desa yang juga menganggarkan rehab RTLH di desanya masing-masing,” jelasnya.

Usai melaksanakan Gebrak Gotong Royong, rombongan bupati langsung menuju lapangan desa Pangempon guna melaunching acara Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kecamatan Kejobong. Di tempat itu, Bupati sudah ditunggu ribuan masyarakat yang memadati lapangan desa setempat, untuk bersama-sama melaksanakan senam Germas dan Senam Maumere. Setelah itu, seluruh warga mengikuti jalan sehat menuju komplek kantor kecamatan Kejobong.

“Melalui Gebyar Germas, kita diingatkan untuk hidup sehat, melalui kebiasaan makan sayuran, makan buah, membiasakan diri cek kesehatan, olah raga dan istirahat yang cukup. Saya juga meminta Puskesmas dan tenaga kesehatan tidak hanya menjadi pusat pengobatan orang sakit, tetapi harus turun memberikan edukasi melalui kegiatan promotif dan preventif atau pencegahan,” katanya.

Gebyar Germas ditandai dengan sejumlah kegiatan promotif diantaranya, pameran produk lokal, gerakan cuci tangan pakai sabun, cek kesehatan, penandatanganan komitmen bersama membangun kepedulian terhadap kesehatan dan pengundian hadiah jalan sehat.

Rangkaian kegiatan Bupati, diakhiri dengan meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Sejahtera Kecamatan Kejobong. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wabup Tiwi, Penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Pemotongan tumpeng oleh TP PKK Erny Tasdi. (PI-4/PI5)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *