Bupati Minta Mahasiswa Purbalingga Terapkan Ilmu Untuk Kemajuan Purbalingga

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto meminta para mahasiswa asal Purbalingga yang menuntut ilmu di luar Purbalingga agar dapat menerapkan ilmunya untuk membangun Purbalingga. Meski tidak harus bekerja di Purbalingga, mereka diminta mampu membuktikan diri sebagai orang Purbalingga yang sukses.

“Jangan bermain dengan prasangka negatif, tapi bermainlah dengan prasangka positif seperti karakter asli orang Purbalingga. Purbalingga butuh anda. Bawa pulang imunya dan terapkan untuk kemajuan Purbalingga.,” ungkap Bupati saat mengukuhkan kepengurusan Keluarga Mahasiswa Purbalingga (Kemangga) Yogyakarta, di Operation Room Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo, Selasa (3/2).

Bupati bahkan membeberkan sejumlah posisi jabatan tinggi di pemerintahan dan swasta yang diisi oleh orang-orang Purbalingga. Seperti mantan Bupati Triyono Budi Sasongko yang kini menjadi sekretaris utama di Kementerian Dalam Negeri, bahkan jabatan setingkat Dirjen, Sekjen hingga jenderal bintang tiga di jajaran kepolisian juga disi sumber daya manusia kelahiran Purbalingga. “Belum lagi yang sukses di kalangan swasta. Kalian harus ikuti kerja keras mereka sehingga sukses,” pintanya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora), Subeno berjanji akan membawa instansi yang dipimpinya menjadi rumah kedua bagi para pemuda Purbalingga. Untuk dapat menjadi rumah kedua, dirinya bahkan mempersilahkan para pemuda berkegiatan di kantornya.

“Program kami dalam pembinaan organisasi kepemudaan intinya ada dua. Yakni menjadi rumah kedua bagi seluruh organisasi kepemudaan dan menjadi orang tua kedua yang bisa dijadikan tempat mengadu. Ini janji saya,” katanya.

Menurut Subeno, organisasi Kemangga merupakan bagian dari organisasi kepemudaan, dimana pembinaanya menjadi tanggungjawab Dinbudparpora. Dirinya mengundang seluruh organisasi kepemudaan baik dari organisasi massa, politik, pelajar dan mahasiswa untuk bergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

“Dalam waktu dekat KNPI akan mengadakan musda, tapi saya minta diundur agar KNPI berkiprah dulu untuk menguatkan organisasi kepemudaan di Purbalingga. Rencana pada 14 Februari, KNPI akan mengumpulkan semua OKP sekaligus dilakukan pembinaan dan penguatan organisasi,” jelasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemangga, Angga Bagus Dharmawan menuturkan, Kemangga yang lahir sejak tujuh tahun yang lalu, ingin terus  menjadi organisasi yang terpercaya dan terus maju dalam berkontribusi untuk daerahnya.

“Acara pengukuhan ini diharapkan bisa menjadi motivaasi bagi seluruh mahasiswa Purbalingga di Yogyakarta untuk terus berkiprah bagi bagi kampung halamanya,” katanya.

Kepengurusan Kemangga Yogyakarta masa bhakti 2015 – 2016 yang dikukuhkan oleh Bupati yakni Ketua Umum Zaky Yulian Tri Laksono, Sekretaris Jenderal Angga Bagus Dharmawan, Sekretaris Faiqotul Ma’la dan Ima, Bendahara Vivid dan Amel.

Kepengurusan juga dilengkapi Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (Puput dan Hafidz), Bidang Sosial dan Masyarakat (Anggit Kuncoro dan Krisna Mahendra), Bidang Jaringan dan Humas (Adnan Cahya E dan Septi) serta Bidang Minat dan Bakat (Andre Irwansyah dan Fiqih).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *