PURBALINGGA, HUMAS – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si meminta kepada semua elemen masyarakat khususnya yang peduli dengan pendidikan untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan Ujian Nasioal (UN) tahun 2013 ini. “Seluruh rangkaian proses UN harus dikawal secara teliti agar hasilnya bisa optimal dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” kata Bupati Heru Sudjatmoko.

Bupati Heru mengemukakan hal tersebut saat menggelar rapat pengarahan dan pembinaan bagi para Pengawas, kepala sekolah SMA/SMK/SMP, kepala UPT Pendidikan se-Kabupaten Purbalingga dalam mengahadapi UN, di Ruang Ardi Lawet, Setda Purbalingga, Kamis (11/4) sore. UN tingkat SMA/SMK/MA/SMALB akan digelar pada 15 April yang diikuti 6.843 siswa.

Bupati Heru meminta pihak sekolah untuk mempersiapkan siswanya dengan intensif, baik secara akademis maupun mental. Berbagai pendalaman materi hingga doa bersama digelar untuk membuat siswa siap menghadapi UN 2013 ini. Khusus untuk siswa SMA/SMK/MA/SMALB, agar bisa lulus UN, siswa perlu belajar keras dan membuat skala prioritas yang jelas. “UN saat ini tidak hanya sekadar persoalan  kelulusan, tapi juga telah menjadi syarat utama bagi seorang siswa untuk dapat tembus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013,” kata Bupati Heru.

Bupati Heru juga berharap agar siswa yang menjadi peserta UN pada tahun ini dapat lulus dengan nilai yang memuaskan meski tidak menutup kemungkinan ada siswa yang tidak lulus. Namun, sesuai pengalaman, biasanya angka kelulusan jauh lebih besar dibandingkan yang tidak lulus. “Kita doakan bersama mudah-mudahan semuanya lulus dengan hasil yang memuaskan,” harap Bupati Heru.

Bupati Heru kembali menekankan agar para siswa dapat belajar keras dan tidak tergiur untuk berbuat curang mengingat kredibilitas UN yang cukup tinggi. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) telah mengambil langkah agar UN dapat berlangsung baik dan siswa tetap fokus mengerjakan, dengan meluncurkan setidaknya 20 variasi soal UN pada tahun ini. “UN ini kredibilitasnya tinggi. Jadi, segala bentuk penyimpangan apa pun harus diatasi dan dihindari,” katanya. (Humas/y/Kmn)