Bupati Penuhi Panggilan Ibadah Umroh

Umroh adalah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam yang hampir mirip dengan ibadah haji. Ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

“Orang yang melaksanakan umroh sama-sama sebagai tamu Allah. Sehingga keberangkatanya juga sebagai bentuk memenuhi panggilan Allah,” kata Imam Masjid Agung Daarussalaam Purbalingga Noer Isja, saat mewakili keluarga Bupati Sukento Rido Marhaendrianto berpamitan dengan jajaran SKPD Purbalingga, di Pendapa Dipokusumo, Selasa (6/1).

Acara itu diselenggarakan untuk melepas keberangkatan Bupati melaksanakan ibadah umroh bersama istri Hj Erna Sukento. Keduanya didampingi putra menantu Dony Kurniawan serta putri ketiga Hayyu Kusumaningtyas dan suaminya Rio Hananto. Ibadah umroh akan dilaksanakan dari 7 – 18 Januari 2015.

Karena panggilan Allah, lanjut Noer Isja, tidak semua orang yang memenuhi persyaratan dapat datang ke tanah suci Mekkah. Karena belum tentu diizinkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. “Uang ada, kesempatan ada, kesehatan juga mendukung, tapi kalau hatinya belum tergerak maka belum dapat memenuhi panggilaNya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati beserta keluarga juga meminta dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah dilakukan kepada seluruh pimpinan SKPD dan jajaranya serta seluruh masyarakat. Bupati juga meminta izin tidak dapat bersama-sama dalam kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. “Selama tidak ditempat, beliau menyerahkan tugas-tugasnya kepada Wakil Bupati, Sekda, dan pimpinan SKPD yang ada,” tambah Noer Isja.

Bupati, lanjut Noer Isja, juga memohon keiklasan seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan agar ibadah umroh yang dilaksanakan termasuk sebagai bentuk kesholehan Iman seorang Islam.

Usai berpamitan, Bupati langsung berangkat ke Jakarta menggunakan transportasi Kereta Api dari stasiun Purwokerto. Selanjutnya, dijadwalkan terbang ke tanah suci pada Rabu (7/1) pagi. Rencananya, Bupati akan kembali ke tanah air pada 17 Januari dan kembali ke Purbalingga pada 18 Januari 2015.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *