Pertemuan dengan BUMD1
Bupati Purbalingga Drs H Sukento Rido Marhaendrianto MM merasa prihatin dengan kondisi perekonomian nasional yang diliputi berbagai kesulitan. Diantaranya ditandai dengan perdagangan internasional yang mengalami difisit, inflasi tinggi dan pergerakan nilai tukar rupiah yang terus membumbung.

Hal ini menurut Bupati juga bisa berimbas kepada pembangunan perekonomian di tingkat kabupaten Purbalingga. Padahal, lanjut Sukento, tahun 2014 ini, telah dicanangkan sebagai tahun Purbalingga Emas yakni tahun untuk mewujudkan ekonomi yang maju, menejemen yang baik, kondisi keamanan yang terjaga dan mampu menciptakan kesejahteraan bagi seluruh komponen masyarakat.

“Kesulitan yang terjadi di tingkat nasional, tentu akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Dan berdampak pada berkurangnya kemakmuran. Jadi harus diantisipasi dengan melakukan berbagai terobosan,” ungkap Bupati Sukento saat menerima pimpinan BUMD Purbalingga di Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Rabu (8/1)

Kondisi tersebut, lanjut Bupati, juga dapat menyebabkan persaingan usaha semakin luar biasa. Dimana tingkat produksi meningkat namun daya beli masyarakat berkurang. Hal itu, diyakini Bupati juga akan mempersulit pengembangan sejumlah usaha BUMD di Purbalingga.

“Oleh karena itu saya minta semua kompak dan memiliki integritas yang tinggi. Sehingga ancaman yang ada mampu dimanfaatkan menjadi peluang. Kepala unit kerjanya harus mampu mengambil peluang dari celah itu,” katanya.

Bupati berharap, dengan peningkatan kinerja yang di lakukan jajaran BUMD maka akan mampu menyokong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Purbalingga. Selain itu, mampu menciptakan peluang tenaga kerja bagi masyarakat sekaligus meningkatkan skill pegawai yang kebanyakan adalah masyarakat Purbalingga.

“Tujuan akhirnya, BUMD Purbalingga mampu memberikan andil kemakmuran bagi masyarakat Purbalingga,” pungkas Bupati Sukento yang dilantik menggantikan Heru Sudjatmoko pada 28 Desember lalu.

Ditambahkan, saat ini di kabupaten Purbalingga terdapat 9 BUMD. Yakni PT Bank Jateng, PD BPR BKK Purbalingga PD BPR Artha Perwira, PT BPRS Buana Mitra Perwira, PDAM, PD Owabong, PD Purbalingga Ventura, PD Puspahastama dan PD BKK Kejobong. (Hr)