Bupati Purbalingga Cek Kesiapan Pileg 2014.

Pantauan Pileg Sinduraja3

Untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) di Kabupaten Purbalingga,  9 April mendatang lancar dan aman,Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto bersama jajaran Desk Pemilu Kabupaten Purbalingga melakukan pemantauan pelaksanaan Pileg ke sejumlah lokasi. Pemantauan dilaksanakan dua kali yakni pada Selasa (8/4/2014) malam dan pada saat hari pencoblosan, Rabu (9/4).

“Malam ini (8/4), kami melakukan pemantauan kesiapan di wilayah seperti di sekretariat penyelenggara tingkat kecamatan (PPK) dan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Besok, (hari ini-red), setelah melakukan pencobosan, Bupati bersama Muspida juga akan melakukan pemantauan pelaksanaan pencoblosan. Untuk agenda besok, kita mulai sekitar pukul 09.00,” ungkap Kepala Pelaksana Harian Desk Pemilu Kabupaten Purbalingga, Satya Giri Podo.

Pada pemantauan pertama (Selasa malam), anggota Desk Pemilu dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok pertama bersama Bupati melakukan pemantauan di wilayah kecamatan Purbalingga, Kaligondang, dan Pengadegan.  Kelompok II Sekda Imam Subijakto memantau Kecamatan Padamara, Kutasari, Bojongsari dan Mrebet. Kelompok lainnya dipimpin para Asisten Sekda.

“Alhamdulilah Pak Bupati, semua proses persiapan telah selesai dan tidak ada permasalahan apapun. Termasuk untuk kebutuhan pendanaan TPS, KPPS dan Linmas semua telah sampai kepada yang berhak menggunakan,” ujar Camat Pengadegan, Sarno yang dibenarkan anggota PPK dan Panwascam setempat.

Hal serupa juga disampaikan Camat Kaligondang  Suharsono, saat rombongan Bupati singgah di salah satu TPS di desa Sinduraja. Terakhir, Bupati memantau kesiapan PPK Purbalingga.

“Setelah melihat sampling  yang sudah kita datangi. Dipastikan bahwa Purbalingga siap melaksanakan silaturahmi demokrasi (istilah Bupati untuk Pesta Demokrasi-red). Tidak ditemui kendala dalam pelaksanaan Pileg yang hanya tinggal pelaksanaannya saja. Seluruh logistik juga sudah tiba di lokasi  TPS,” jelas Bupati Sukento.

Sebelumnya, dalam staff meeting kepala SKPD dan Camat di ruang Graha Adiguna operational room Setda Purbalingga Bupati meminta seluruh pelaksana pemilu agar cermat dalam melaksanakan seluruh ketentuan saat pelaksanaan pencoblosan. Seperti bagaimana prosedur bagi pemilih tidak terdaftar, pemilih yang tidak mendapat undangan, pemilih perantauan termasuk kecermatan dalam menentukan sah atau tidaknya pencoblosan di kertas suara.

Sementara itu,  Kepala Kesbangpol  Satya Giri Podo mengatakan, total pemilih yang terdaftar di KPU Purbalingga sebanyak 719.802 pemilih. Jumlah pemilih tersebut terdiri dari pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) 719.290 pemilih dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) 512 pemilih.

Jumlah tersebut masih belum final. Sebab pemilih yang belum terdaftar di DPT dan DPK, masih akan diakomodir dalam Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb), yang dibuka pendaftarannya di TPS, mulai Rabu pagi. “Syaratnya adalah membawa KTP setempat .  Bagi pemilih DPKTb pencoblosannya dilaksanakan setelah pemilih terdaftar atau pada siang hari sebelum penutupan pencoblosan pukul 13.00,” jelasnya.

Giri menambahkan, KPU hanya membuka satu TPS khusus yang akan dibuka di LP Purbalingga. Sedangkan, untuk pemilih di rumah sakit akan diakomodir oleh TPS terdekat dari rumah sakit tersebut. Total ada sekitar 90 pemilih yang akan menggunakan hak suaranya di TPS terdekat dengan rumah sakit.

Sejumlah pemilih tersebut, mencoblos di TPS terdekat rumah sakit dengan membawa formulir A5. Kemarin (8/4), KPU Purbalingga telah membuatkan formulir A5, bagi pemilih di rumah sakit. ),

Cobolan Pileg 2014 akan digelar serempak di 1.926 TPS di wilayah Kabupaten Purbalingga. Cobolosan akan digelar mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. (Hardiyanto)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *