PURBALINGGA – Bupati Purbalingga H.Tasdi,SH.MM. didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menghadiri wisuda angkatan 12 siswa siswi SMKN 1 Kaligondang sejumlah 544 siswa dari 5 program kompetensi keahlian, Rabu (18/04). Kepada para wisudawan, Bupati sampaikan bahwa apabila ingin sukses harus memiliki dan menyiapkan tiga hal.

“Pertama kalian harus selalu menambah knowledge (pengetahuan), punya skill (keahlian) dan tidak boleh lupa attitude (perilaku),” katanya dihadapan para wisudawan.

Bupati melanjutkan, ketiga hal tersebut menjadi sangat penting terutama pada perilaku yang baik yaitu pribadi yang taat beribadah, rajin berdoa, dan disiplin dalam segala hal. Menurutnya, perilaku yang baik, jujur dan mempunyai integritas akan disukai banyak orang dan mudah diterima dimanapun.

“Kalianlah yang nanti melanjutkan peradaban, dan akan terlibat dalam mempelopori sejarah. Maka jangan hanya jadi penonton saja, namun harus bisa mengukir prestasi dengan terus mengembangkan diri berbekal ilmu yang kalian dapatkan dari guru,” kata Bupati Tasdi.

Kepada Kepala SMKN 1 Kaligondang, Bupati sampaikan terima kasih dan apresiasi karena walaupun saat ini berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 SMA/SMK telah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, namun silaturahmi dengan Pemkab Purbalingga tetap berjalan dengan baik.

“Perbedaan kewenangan tidak menjadi penghalang membangun kerjasama, bahkan lebih saling menguatkan karena bertujuan sama yaitu mencerdaskan Purbalingga,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Purbalingga akan membantu 210 (dua ratus sepuluh) juta rupiah untuk membantu pembangunan di SMKN 1 Kaligondang menjadi sekolah yang representative terutama untuk penguatan halaman sekolah yang masih berlandaskan tanah. Selain menghadiri wisuda, kehadiran Bupati Tasdi juga dalam rangka meresmikan penggunaan gedung Technopark SMKN 1 Kaligondang.

Dalam laporannya, Kepala SMKN 1 Kaligondang F. Budi Santoso, S.Pd. M.Si menuturkan, gedung technopark SMKN 1 Kaligondang adalah berkat berbagai capaian prestasi sekolah diantaranya adalah sekolah pencetak wira usaha muda dan disiapkan sebagai sekolah rujukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Gedung technopark ini akan digunakan sebagai ruang pamer produk siswa SMK, SMA, SMP maupun sekolah-sekolah lainnya tanpa membayar biaya. Bahkan sebagai bentuk kepedulian kami, ujian sekolah SMP dapat dilaksanakan disini,” ujarnya.

Budi juga menyampaikan, 544 wisudawan adalah siswa dari 5 program kompetensi keahlian yaitu teknik mesin, teknikkendaraan ringan, teknik sepeda motor, teknik multimedia dan akuntansi. Saat ini SMKN 1 Kaligondang mempunyai 7 program dengan 2 program kompetensi yang baru yaitu teknik grafik dan teknik pengelasan.

“Kami mempunyai 51 rombel dengan peserta didik sejumlah 1.700  siswa, dan dalam pembelajarannya, kami berikan 70% praktek dan 30% teori sehingga siswa semakin terasah dan harapannya kelak, para siswa mampu bekerja pada diri sendiri /berwira usaha,” kata Budi. (t/humas)