Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto menyerahkan 11 kendaraan operasional untuk para Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Motor nasional buatan PT Mega Andalan Motor Industri (PT MAMI) di Yogyakarta ini, diserahkan Bupati saat melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan, Senin (5/1) pagi.

“Adanya fasilitas motor, para penilik PLS dapat meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya,” pesan Bupati usai melakukan pertemuan singkat dengan jajaran Dindik dan para penilik di aula Dinas Pendidikan setempat.

Bupati juga meminta agar kendaraan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dinas dan dirawat sebaik-baiknya agar awet.

Secara umum, bupati juga meminta jajaran pendidikan di kabupaten Purbalingga agar senantiasa meningkatkan mutu pendidikan menjadi lebih baik lagi.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan, 11 sepeda motor itu merupakan alokasi anggaran untuk penilik PLS pengadaan tahun 2014, namun karena kesibukan dindik, kendaraan tersebut baru sempat diserahkan Januari ini.

Ditambahkan Tri Gunawan, saat ini Purbalingga masih mempunyai kekosongan penilik PLS di 7 kecamatan. “untuk PLS seharusnya jatahnya 18 penilik namun  kita baru mempunyai  11 penilik PLS. Kekuranganya, 7 penilik PLS sudah kami usulkan kepada BKD (Badan Kepegawaian Daerah-red) dan kita tunggu nanti SK-nya direalisasikan sehingga menjadi 18,” jelas Tri Gunawan.

Dia juga berharap agar keberadaan kendaraan operasional dapat digunakan sesuai kemanfaatanya, yaitu untuk menunjang kegiatan dinas. “Jadi bukan untuk kepentingan pribadi,” tandasnya.