DSC_01301PURBALINGGA, HUMAS – Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto kembali melakukan penebaran bibit ikan di perairan umum. Setelah penebaran ikan di Sungai Klawing beberapa waktu lalu, kini giliran Sungai Ranu yang menghidupi masyarakat di sekitar Desa Sinduraja Kecamatan Kaligondang.

“Karena kondisi sungai kecil dan sering kering, kami hanya menebar 5.000 ekor,” ujar Kabid Perikanan pada Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakan) Purbalingga, Siswanto, saat mendampingi Bupati melakukan penebaran bibit ikan  di bawah jembatan Kali Ranu, Sabtu (17/5).

Terkait pengadaan bibit ikan untuk untuk perairan umum , tahun 2014 ini, Dinnakan  telah menebar hingg 100.000 ekor di berbagai wilayah.  Sedangkan target tahun ini mencapai 120.000 ekor ikan.

“Saat rangkaian kegiatan BBGRM dan HKG PKK di Sungai Klawing, Bupati menebar 10.000 ekor ikan berbagai jenis. Di Sungai Ranu ditambah 5.000 ekor,” jelasnya.

Atas saran Bupati, pihaknya akan mengajukan penambahan alokasi bibit ikan sebanyak 80.000 ekor. Dengan demikian diharapkan penyediaan ikan di perairan umum akan terpenuhi, guna mendukung program gemar makan ikan di kalangan masyarakat.

Selain melakukan penebaran ikan, Bupati juga memberikan bantuan makanan siap saji kepada siswa sekoalah dasar dan para ibu rumah tangga. Paket makanan siap saji yang dibagikan sebanyak 50 paket.

Bupati juga melakukan peninjauan jembatan Kali Ranu yang akan segera diperbaiki. Terkait dengan hal ini, Bupati meminta Kepala Desa agar menyiapkan jalan alternative untuk akses warga, karena saat perbaikan, akses jalan yang  ada akan terputus.

“Atau kalau mungkin, warga melakukan pembuatan jembatan darurat secara swadaya,” ungkap Bupati saat melintas di atas jembatan yang sudah terlihat bolong-bolong akibat termakan usia. Selain mulai keropos, kondisi jembatan itu juga sempit sehingga perlu dilebarkan. (Hardiyanto)