PURBALINGGA, INFO – Koperasi di kabupaten Purbalingga sudah saatnya melakukan inovasi dan diversifikasi usaha. Tidak hanya mengandalkan kegiatan simpan pinjam saja, namun harus berani melakukan terobosan agar usahanya tidak hanya dinikmati anggota saja namun juga melayani masyarakat disekitarnya. Seperti yang dilakukan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guyub Rukun  Kecamatan Karangmoncol.

“Untuk membangun ekonomi kerakyatan, koperasi diharapkan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi usaha. Jangan itu-itu saja kegiatanya. Seperti hari ini, Guyub rukun mulai merambah usaha retail sebagai bagian untuk menggerakan ekonomi rakyat,” ujar Bupati Tasdi saat meresmikan dibukanya GR Mart (Guyub Rukun Mart) di Desa Pepedan Kecamatan Karangmoncol, Sabtu (28/10).

Dikatakan Bupati, dengan hadirnya GR mart, selain untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, juga diharapkan mampu mendorong koperasi lainnya untuk menatap dunia baru dan menangkap peluang perkembangan jaman.

“Yang lebih penting, hadirnya mart-mart yang dimiliki oleh koperasi akan mendorong UMKM juga berkembang. Saya wajibkan toko modern yang ada di Purbalingga menampung sedikitnya 20 – 25 persen produk UMKM Purbalingga. Kalau tidak mau menfasilitasi UMKM kita tidak ijinkan buka usaha di Purbalingga,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tasdi mengawali belanja di GR Mart dengan memborong sejumlah produk UMKM yang disediakan oleh GR Mart. Selain produk makanan ringan, Bupati juga membeli dua lembar produk batik khas Karangmoncol.

Ketua KPRI Guyub Rukun, Siswadi, SPd menuturkan KPRI Guyub Rukun yang beranggotakan para guru, karyawan dan pensiunan di lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangmoncol memiliki usaha utama yakni simpan pinjam dan pertokoan. Dioperasikanya GR Mart merupakan pengembangan dari usaha pertokoan yang sudah ada sebelumnya. “Ini merupakan revolusi usaha pertokoan yang selama ini hanya dikenal di kalangan anggota saja, sekarang akan dikenal oleh masyarakat luas,” katanya.

Selain acara grand opening GR mart, juga ditandai penyerahan bantuan sosial Rehab RTLH dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangmoncol. Bantuan RTLH Rp 10 juta diberikan kepada Rasuni orang tua siswa Haikal Nurohman (Kelas V).

Bupati juga berkenan memotong tumpeng yang diberikan kepada sesepuh KPRI Guyub Rukun, Muhajir. (PI-4/PI-5)