PURBALINGGA, Sudah menjadi komitmen Bupati Tasdi bahwa agenda kegiatan rutin yang selama ini menjadi kegiatan rutin akan tetap dilaksanakan sampai akhir tahun ini. Beberapa agenda kegiatan yang dilakukan selama ini diharapkan akan dapat menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang selama ini menjadi perhatian khusus dari Bupati Tasdi. “Program Unggulan yang Saya lakukan diantaranya Subuh Berjama’ah, Gebrak Gotong Royong, Rehab RTLH, Germas dan Sepak Bola Kapuk akan terus tetap Saya lanjutkan,” ujar Bupati Tasdi saat menerima beberapa awak media di ruang kerjanya, Senin (28/8).

Program Unggulan tersebut setidaknya telah dapat menyumbangkan terhadap penurunan nilai kemiskinan sebesar 1 % dari prosentase nilai kemiskianan di Purbalingga tahun 2016 yaitu 18,98 % atau berkurangnya 10.200 orang miskin disamping aspek yang lain yaitu tingkat pendidikan (lamanya sekolah) dan kesehatan (angka lama harapan hidup).  

Kegiatan Subuh Berjama’ah yang merupakan kegiatan bulanan telah dilaksanakan di semua Kecamatan yang ada di Purbalingga, sedangkan Gebrak Gotong Royong merupakan kegiatan mingguan sudah tidak terbilang lagi desa yang dikunjunginya. Sementara kegiatan Rehab RTLH sekarang bukan lagi menjadi monopoli kegiatan Pemerintah Daerah, namun sudah menjadi sebuah gerakan dan budaya masyarakat Purbalingga bahwa kita wajib bantu sesama.

Program Unggulan RTLH ini langsung diinstruksikan sendiri kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat merehab RTLH di lingkungan sekitar kantor atau lingkungan yang lain. “Sudah langsung Saya instruksikan sendiri kepada para Kepala OPD dan Para Camat untuk dapat menyumbangkan RTLH minimal 1 rumah,” pinta Bupati didampingi Kadinkominfo. Bupati berharap pada tahun ini dapat menargetkan 4.000 RTLH.  

Aspek yang tidak kalah penting dan tidak boleh diremehkan adalah berkaitan dengan kesehatan. Bupati minta agar hidup dan budaya sehat harus dimulai sedini mungkin, oleh sebab itu maka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui makan sayuran, makan buah, membiasakan diri cek kesehatan, olah raga dan istirahat yang cukup menjadi suatu kebutuhan. Sedangkan Sepak Bola Kapuk merupakan kegiatan mingguan untuk menjalin Silaturaqhmi dengan masyarakat setempat melalui Sepak Bola sebagai olah raga persahabatan.  

Selain Program Unggulan tersebut Bupati juga akan mengagendakan berupa Umroh Gratis kepada warga masyarakat Purbalingga yang memenuhi syarat, tahun ini sebanyak 40 orang. Menjelang Peringatan Hari Jadi Purbalingga Bupati juga akan memberikan tali asih kepada Anak Yatim di Purbalingga yang berjumlah 4.800 anak, sehingga dana yang dianggarkan untuk kegiatan ini berjumlah kurang lebih 1 milyar. “Syukur nanti kalau ada Pejabat yang berulang tahun dapat dilakukan di Panti Asuhan sehingga hal ini dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai Ibadah,”pungkasnya.(PI-3).