PURBALINGGA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Pemkab Purbalingga berbagi kebahagiaan dengan berbagai komponen termasuk diantaranya para penyandang disabilitas, penderita thalasemia dan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Mereka yang jumlahnya mencapai 320 orang langsung menerima bingkisan lebaran dari Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM (Tiwi) di Pendapa Dipokusumo, Minggu sore (02/06).

Bupati Tiwi mengatakan kegiatan buka puasa bersama dan pemberian bingkisan lebaran bagi penyandang disabilitas di kabupaten Purbalingga sudah dilakukan sejak dirinya menjabat Wakil Bupati Purbalingga. Namun demikian untuk pemberian bingkisan lebaran kali ini ditambah bukan hanya untuk penyandang disabilitas dan ODHA saja namun juga kepada seluruh binaan Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosdaldukkbP3A).

Selain mereka, lanjut Bupati, silaturahmi kali ini juga menghadirkan para pegiat sosial seperti TKSK, Pengurus Panti, PSM, Tagana, PKH, ODKB dan Karang Taruna. Termasuk 124 anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

“Tentu Saya atas nama pribadi dan pemerintah menghaturkan terima kasih atas kontribusinya terhadap pembangunan kabupaten Purbalingga khususnya pembangunan di bidang sosial,” katanya.

Dikatakan Bupati, di Kabupaten Purbalingga saat ini bukan hanya permasalahan kemiskinan yang masih menjadi PR, namun juga terdapat banyak permasalahan sosial yang membutuhkan sinergi anatar pemerintah daerah dengan para pegiat sosial dan para pengasuh panti asuhan . Diakui Bupati, selama ini para pimpinan panti asuhan dan pegiat sosial lainnya telah begitu iklas dalam membantu para penyandang sosial agar terentaskan kesejahteraanya.

“Kami sangat berharap sinergitas yang sudah terjalin baik selama ini dapat terus bertumbuh dan ditingkatkan pada masa-masa mendatang sehingga berbagai permasalahan kemiskinan dan sosial dikabupaten Purbalingga dapat kita entaskan bersama,” katanya.

Bupati berpesan agar pemberian bingkisan lebaran yang tidak seberapa tidak hanya dilihat dari wujud fisiknya, namun merupakan bentuk kepedulian pemerintah agar semua komponen dapat merasakan sedikit kebahagiaan menjelang lebaran nanti.

Kepala Dinsosdalduk KB P3A Wahyu Ekonanto, SH menuturkan, pihaknya menghadirkan sedikitnya  758 orang binaan Dinsos terdiri dari para penyandang disabilitas sejumlah 200 orang, penderita Talasemia 60 orang dan ODHA sebanyak 60 orang. Selain itu, ada 212 orang anggota LVRI, TKSK, Pengasuh Panti,PSM dan Karang Taruna serta 226 orang Tagana, PKH dan pegiat ODKB. Para peserta Buka Bersama Bupati masing-masing menerima bingkisan lebaran dan sajian buka puasa. (Hr-humaspro2019)