PURBALINGGA_Bupati Purbalingga mengharapkan wisata ziarah para leluhur dan pendiri Kabupaten Purbalingga dapat menjadi destinasi wisata edukasi. Banyak nilai sejarah yang dapat digali dari perjuangan para leluhur dan pendiri Kabupaten Purbalingga. Hal ini diungkapkan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi saat ziarah ke makam leluhur dalam rangkaian Hari Jadi ke 189 Kabupaten Purbalingga, Senin (16/12).

“Selama ini makam-makam leluhur seringkali hanya dijadikan tempat wisata religi, namun saya berharap untuk para leluhur dan pendiri Kabupaten Purbalingga, makamnya tidak saja menjadi wisata religi, namun dapat menjadi wisata edukasi. Dapat diambil hikmahnya dari perjalanan sejarah Kabupaten Purbalingga mulai dari masa penjajahan sampai pada masa kemerdekaan. Mereka tidak saja berjuang untuk keluarganya, namun bagaimana menjadi pamomong masyarakat Kabupaten Purbalingga yang pada saat itu menjadi daerah jajahan. Leluhur dan pendiri Kabupaten Purbalingga perlu mendapatkan penghargaan, karena merekalah, Kabupaten Purbalingga ini ada.”, kata Bupati Tiwi.

Mewakili Pemkab Purbalingga, Bupati Tiwi menyampaikan terimakasih kepada Yayasan Arsakusuma selaku keluarga Trah Arsantaka dan Dipokusumo yang telah banyak membantu menjaga dan memelihara makam. Ia berharap ke depan dan seterusnya makam selalu terjaga, karena merupakan bagian dari sejarah penting Kabupaten Purbalingga.

Agenda ziarah dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 189 Kabupaten Purbalingga, diawali ziarah ke pemakaman Arsantaka. Rombongan Bupati beserta Forkompinda disambut oleh keluarga dan yayasan Arsakusuma.

Ketua Yayasan Arsakusuma R. Budi Setiawan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih karena selama ini pemerintah Kabupaten Purbalingga telah memberikan penghargaan bagi para leluhur dan pendiri Kabupaten Purbalingga. Pemerintah Kabupaten Purbalingga dengan yayasan telah bersinergi menjaga dan merawat tempat-tempat ataupun makam leluhur dan pendiri Purbalingga.

“Pemerintah Kabupaten Purbalingga tidak melupakan sejarah. Hal ini dibuktikan setiap hari jadi Kabupaten Purbalingga, bupatinya beserta Forkompinda selalu menyelenggarakan acara Ziarah yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan hari jadi,” kata Budi.Panitia Hari Jadi Kabupaten Purbalingga Seksi Ziarah Raditya Widayaka mengatakan, dalam kegiatan ini diawali dengan ziarah ke makam Arsantaka sekaligus pemberian bantuan beras dan lele bagi warga sekitar. Dilanjutkan ke makam Giri Cendana, makam Giri Purna, makam Adipati Onje dan terakhir ziarah ke makam Adipati Wirasaba. (u_humpro)