PURBALINGGA, INFO – Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang rawan bencana alam, untuk itu Bupati Purbalingga H. Tasdi SH, MM wacanakan tiap kecamatan di wilayah Purbalingga memiliki mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan didukung satu Tim SAR tiap kecamatan.

“Untuk mempercepat penanganan bencana termasuk kebakaran, kami akan upayakan di tiap-tiap kecamatan ada satu mobil Damkar, baik yang kecil atau yang besar. Dan termasuk bagaimana meningkatkan SDM dan fasilitas sarana prasarana untuk mendukung penanganan bencana,” kata Bupati Tasdi saat memberi sambutan dalam Tasyakur HUT SAR kabupaten Purbalingga ke 16 di RM. Bale Apoeng Bojongsari, Sabtu (18/11).

Ditambahkan Bupati Tasdi, penanganan bencana di Kabupaten Purbalingga perlu dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Kesiapsiagaan setiap saat perlu adanya peningkatan langkah taktis untuk mengantisipasi adanya bencana, baik tanah longsor, gunung meletus, banjir, kebakaran maupun kecelakaan. Untuk itu Pelatihan dan menambah jumlah relawan personil SAR itu harus dilakukan.

“Di pos Bambangan Kutabawa akan kami upayakan untuk segera dibuatkan lokasi untuk mendarat Helikopter, sehingga bila terjadi bencana dan penanganan kecelakaan saat warga melakukan pendakian di Gunung Slamet akan cepat teratasi,” imbuh Tasdi.

Sementara itu, Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin Muchlisin menuturkan, memasuki awal musim penghujan di Jawa Tengah, Basarnas mengimbau untuk mewaspadai bencana alam longsor di awal musim penghujan. Sekitar 5 kabupaten di Jawa Tengah yang rawan bencana tanah longsor, seperti di Banjarnegara, Purbalingga, Purworejo, Karanganyar dan sebagian Temannggung.

“Spesifikasi bencana alam di Jawa Tengah di awal musim hujan ini adalah tanah longsor. Oleh karena itu pihaknya selain melakukan pemetaan kawasan rawan bencana juga telah melakukan persiapan baik SDM maupun perlengkapan penunjang. Kita sudah siapkan, sehingga bisa cepat respon untuk melayani masyarakat,” katanya.

Dalam acara tersebut Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin Muchlisin berkenan mengukuhkan anggota SAR Purbalingga. Dan di hadiri oleh Bupati Purbalingga Tasdi, SH, MM, Wabup Purbalingga Dyah Hanuning Pratiwi, Kepala BPBD Purbalingga Satya Giri Podo, Kepala Dinkominfo Tri Gunawan Setyadi, Kabag. Kesra Priyo Satmoko, Koordinator SAR Purbalingga Viktor Asrikin dan seluruh anggota SAR Purbalingga.

Pada saat bersamaan Bupati Tasdi juga menyerahkan cendera mata kepada Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin Muchlisin dan potong tumpeng yang diserahkan kepada Koordinator SAR purbalingga Viktor Asrikin.(Dn)