PURBALINGGA_Warga masyarakat Desa Sindang Kecamatan Mrebet saat ini sedang membangun jalan rabat beton dan sebuah masjid. Rabat beton ini dibangun dengan menggunakan dana desa tahun anggaran 2019. Panjang rabat beton 50 meter dengan lebar 2,5 meter. Anggaran dari dana desa yang digunakan mencapai Rp 14.503.850,-. Sedangkan Masjid Jami Al Ikhlas yang berada di atas tanah wakaf, dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Takmir masjid Jami Al Ikhlas, Imam Tauhid mengatakan, masjid tersebut dibangun di atas tanah wakaf milik Imam Sarbin. pembangunannya dimulai awal tahun 2019 dengan ukuran bangunan masjid 11 x 11 meter. Rencana anggaran pembangunan masjid tersebut mencapai Rp. 537 juta , Saat ini diperkirakan masih membutuhkan tambahan dana sekitar Rp 137 juta lebih. Diharapkan masjid Al Ikhlas yang sedang dibangun ini mampu menampung sekitar 150 jemaah.

Bupati Purbalingga saat melakukan gebrak gotong-royong di Desa Sindang sempat meninjau kedua proyek tersebut, bahkan bersama warga setempat ikut gotong-royong membuat jalan rabat beton, Senin (30/12). “Semoga jalan ini dapat meningkatkan kelancaran arus lalu lintas dan meningkatkan kesejahteraan warga Sindang. Gotong-royong yang merupakan warisan  bangsa Indonesia terus dipupuk dan warga diharapkan menjaga persatuan, menjaga kekompakkan dan kebersamaan di dalam membangun desa Sindang,” tutur Bupati Purbalingga yang akrab di panggil Tiwi.

Kegotong-royongan warga sangat dibutuhkan demi kemajuan sebuah desa. Pasalnya seorang pemimpin tidak bisa berbuat banyak tanpa didukung oleh warga masyarakatnya.”Pak Kades ora bisa apa-apa bapak ibu, kalau bapak ibu disini tidak mendukung apa yang menjadi program kerjanya. Oleh karenanya, monggo sami guyub rukun, bebarengan, menjaga kekompakkan dan mendukung apa yang menjadi program pak kades nggih pak, bu,”pinta Tiwi.

Dalam acara Gebrak Gotong-Royong, Tiwi sempat memberikan bantuan beras dan lele sebanyak 298 paket, bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil, balita, bantuan bagi kaum duafa dan anak yatim, bantuan sarana olah raga berupa bola kaki, bola voli dan meja tenis meja.Disamping itu, bantuan juga diberikan bagi penderes yang jatuh dari pohon kelapa, bantuan alat pertanian bagi kelompok tani Madu Asih dan bantuan buku bagi Desa Sindang.(u_humpro).