DinperindagkopDinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga, menyerahkan bantuan alat kerja bagi perajin gula kelapa di Kabupaten Purbalingga. Bantuan berupa 10.000 pongkor plastik (wadah untuk menderes nira-red), 40 buah saringan nira, 40 ayakan gula stainless still dan 20 wajan besar, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto saat kegiatan Safari Pembangunan Pedesaan di Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar, Purbalingga, Kamis malam (25/9/2014).

“Yang kami serahkan adalah bantuan fasilitasi peningkatan produk gula kelapa dari gula cetak menjadi gula serbuk,” ujar Kepala Dinperindagkop Agus Winarno.

Menurut Agus, bantuan pongkor plastik diberikan kepada 15 kelompok usaha nderes di 15 desa. Khusus kecamatan Karanganyar untuk tiga desa yakni Desa Ponjen, Adiarsa dan Brakas masing-masing sejumlah 500 buah.

“Selama ini produk gula di Purbalingga sebagian berupa gula kasar dan sebagian lagi secara mandiri telah memproduksi gula serbuk. Kita memfasilitasi produk gula serbuk karena dari sisi harga lebih tinggi dan permintaanya  juga banyak,” jelas Agus.

Ditambahkan Agus, pihaknya dalam waktu dekat juga akan melaksanakan road show kewirausahaan bersama Bupati. Road show dimaksudkan untuk memotivasi para pelaku UMKM yang tersebar di seluruh kecamatan se kabupaten Purbalingga.

“Kelemahan masyarakat Indonesia umumnya bukan karena malas atau tidak mau melakukan usaha. Tapi hanya ketekunannya yang kurang. Nek wis kepepet nembe mletik (Kalau sudah terdesak baru muncul-red). Karenanya perlu terus dimotivasi agar lebih maju,” katanya.

Road show akan diawali pada tanggal 2 Oktober 2014 di Kecamatan Karangreja. Pesertanya meliputi para pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Karangreja, Bobotsari dan Karangjambu. Kegiatan tersebut, lanjut Agus akan dilaksanakan sebanyak 6 tahap dimana setiap kegiatan akan melibatkan para UMKM di tiga wilayah kecamatan.

Guna memotivasi pelaku UMKM, Bupati Sukento akan membawa serta produk makanan olahan dari Jepang yang menggunakan bahan dasar gula kelapa.

Acara Safari Pembangunan Pedesaan merupakan kegiatan rutin mingguan yang dilakukan Bupati beserta jajaranya, guna mempererat silaturahmi antara jajaran Pemkab dengan masyarakat di desa. Dalam kegiatan tersebut, selain dilakukan dialog dengan warga masyarakat, juga diberikan bantuan peralatan elektronik dari Bank Jateng dan PD. BPR BKK Purbalingga.

Kegiatan tersebut, juga dimanfaatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) untuk memberikan layanan administrasi kependudukan secara langsung di desa lokasi kegiatan. Acara di desa Ponjen, menampilkan juara AKSI Indosiar, ustadzah Mumpuni dari Cilacap.