Dukung Program PKK, OPD Harus Berkontribusi

PURBALINGGA, INFO – Demi tercapainya program kerja Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Purbalingga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Purbalingga harus turut andil mendukung program kerja PKK. Tidak hanya TP PKK yang bergerak melainkan dibutuhkan sinergitas dari OPD terkait demi terlaksananya program kerja yang telah dibuat.

“Demi terlaksananya kegiatan PKK yang efektif dan efisien maka dibutuhkan kerjasama dari seluruh OPD di Kabupaten Purbalingga,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga, Erni Widyawati Tasdi pada saat Rapa Koordinasi TP PKK Kabupaten Purbalingga dengan Pembina PKK Tahun 2018 di Graha Srikandi, Kamis (15/2).

Erni menerangkan ada 11 OPD yang bermitra dengan TP PKK terkait program dan kegiatan OPD Tahun 2018. 11 OPD tersebut yakni Dinkop UKM, Dindukcapil, Dinperindag, Dinsosdalduk KB P3A, Dinpermasdes, DKPP, DLH, Dinnaker, Kesbangpol, Bagian Hukum dan KPU.

“Ke 11 OPD ini memiliki kegiatan yang bermitra dengan TP PKK yang berkesinambungan dengan program Kelompok Kerja (Pokja) PKK,” tutur Erni.

Erni menjelaskan TP PKK akan melaksanakan program unggulan di Tahun 2018 yang akan diterapkan pada empat Pokja PKK. Program unggulan yang akan dilaksanakan Pokja I (Satu) yakni pembentukan karakter melalui pembinaan keluarga.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai program ini dengan mengadakan seminar Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Pornografi dan Gerakan Anti Kekerasan Seksual terhadap Anak,” terangnya.

Program kerja pada Pokja II (Dua) yang akan diusung, Erni menambahkan yakni Pemberdayaan Ekonomi Keluarga. Peningkatan ketahanan pangan, lanjutnya menjadi program unggulan pada Pokja III (Tiga).

“Kemudian, Pokja IV (empat) mengunggulkan kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutur Erni.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan masing-masing Pokja yang sudah memiliki program unggulan harus segera dilaksanakan. Program dan kegiatan di masing-masing Pokja semuanya harus kreatif, inovatif dan edukatif bagi masyarakat Purbalingga.

“Dengan berbagai program yang kreatif dan menggali inovasi-inovasi yang baru maka akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat,” jelasnya.

Terakhir, Tasdi menghimbau agar antara OPD serta PKK harus berkolaborasi dengan baik dan melakukan kerjasama di  berbagai bidang. Berbagai persoalan, lanjutnya harus dikoordinasikan dengan pihak terkait agar dapat diselesaikan dengan baik.

“Kendala yang dihadapi PKK terkait kelembagaan PKK, pendataaan dan pelaporan, serta dalam pelaksanaan kegiatan dapat dikomunikasikan dan diselesaikan dengan pihak-pihak terkait,” pungkas Tasdi. (PI-7)