Pemerintah Kabupaten Purbalingga segera mengajukan izin pengembangan Lapangan Udara Wirasaba menjadi bandara komersial kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Hal ini akan segera dilakukan karena Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo telah memberikan sinyal positif setelah mengunjungi Lanud Wirasaba
Minggu 28 Oktober 2012.
Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan, pihaknya sempat meragukan wacana pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial, namun akhirnya memberikan dukungan selama aktivitas penerbangan tidak mempengaruhi operasional TNI Angkatan Udara.

Gubernur Bibit juga optimistis jika kelak Bandara Wirasaba dibuka untuk penerbangan komersial dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan membuka peluang bisnis maskapai penerbangan. Hal ini juga karena dukungan dari 5 Bupati yakni Bupati Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Cilacap dan Kebumen, dan pada prinsipnya Gubernur dan Pemerintah provinsi mendukung. Pasalnya letak geografis, jumlah penduduk dan perekonomian yang kuat di 5 kabupaten tersebut, nantinya akan mendatangkan banyak investasi, sehingga membutuhkan transpotasi yang cepat.

Sementara  Gubernur Bibit Waluyo datang ke Purbalingga utamanya untuk mengikuti Upacara Sumpah Pemuda Tingkat Jateng yang dipusatkan di Purbalingga. Gubernur Bibit Waluyo menjadi pemimpin upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-84 Tingkat Jawa Tengah di Alun-alun Purbalingga Minggu 28 Oktober 2012.
Setelah upacara, Bibit menyaksikan pertujukan Tari Lenggahsor massal, akrobatik Merpati Putih, Tek tek kentongan, meninjau Pameran UMKM tingkat Jawa Tengah, meninjau pembangunan SMK Negeri 3 Purbalingga atau yang dikenal dengan SMK Dhuafa. Di hari yang sama, Gubernur juga menyerahkan secara simbolis sertifikat 200 bidang tanah di Desa Majasari dalam Program Nasional (Prona). Dalam kesempatan berbeda, Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko mengatakan, langkah yang telah ditempuh untuk mewujudkan Lanud Wirasaba sebagai bandara komersial sudah dirintis sejak 2006. Dan saat ini telah mendapat dukungan dari Bupati Banyumas, Wonosobo, Cilacap dan Kebumen, disamping warga masyarakat di kabupaten Purbalingga, pihaknya berharap Bandara komersial Wirasaba dapat segera direalisasikan.
[email protected]