PURBALINGGA_ Himpunan Pendidik dan Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Purbalingga diminta untuk mengajarkan dan mengajak anak-anak didiknya gemar makan ikan. Perilaku gemar makan ikan ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak, terlebih bagi anak usia dini atau usia emas (golden age).

Hal ini dikatakan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dihadapan 1000 guru PAUD saat merayakan ulang tahun HIMPAUDI ke 14 di Sirkuit Go Kart komplek obyek wisata Owabong, Rabu (9/10).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, di tahun 2019 angka konsumsi ikan Kabupaten Purbalingga merupakan yang terendah di Provinsi Jawa Tengah. Para guru PAUD diminta mengajak anak didiknya untuk gemar makan ikan. Tidak saja guru PAUD, namun juga guru-guru yang tergabung dalam IGTKI, IGRA dan BA harus bersama-sama mendorong generasi muda sejak dini untuk gemar makan ikan.

Selain itu, guru-guru yang tergabung dalam HIMPAUDI memiliki tugas yang sangat mulia, yakni mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa. Kerja keras guru-guru PAUD nantinya mampu melahirkan generasi-generasi yang unggul, generasi yang berkarakter, generasi yang berdaya saing, generasi yang berakhlakul kharimah dan generasi yang memiliki budi pekerti yang luhur.

Selama ini keluarga besar HIMPAUDI telah ikut berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Purbalingga, terutama pembangunan di bidang pendidikan, khususnya pendidikan  anak usia dini. Guru-guru PAUD merupakan garda terdepan, terlebih usia dini merupakan usia yang paling efektif untuk menanamkan nilai-nilai yang positif. Pemberian masukan terkait pendidikan karakter sangat efektif ketika usia dini.

“Nation and Caracter Building, itu harus kita berikan kepada generasi-generasi muda sejak dini, yaitu sejak mereka berada pada usia dini atau golden age. Ajari mereka untuk toleran, ajari mereka untuk saling tolong menolong, ajari mereka juga untuk menghargai orang lain,” kata Tiwi.

Ketua HIMPAUDI Purbalingga Tohar SE menjelaskan, sebenarnya ulang tahun HIMPAUDI jatuh pada tanggal 30 Agustus, namun karena banyaknya kegiatan di bulan Agustus sehingga baru dapat dilaksanakan tanggal 9 Oktober. Tujuan dari kegiatan ini antara lain menyatukan visi dan misi HIMPAUDI dan silaturahmi seluruh pendidik PAUD Non Formal se Kabupaten Purbalingga.

Rangkaian kegiatan HUT ke 14 HIMPAUDI Purbalingga diawali dengan senam Aisumaki (Anak Indonesia Suka Makan Ikan) yang merupakan karya pengurus HIMPAUDI Provinsi Jawa Tengah untuk mendorong anak didik suka makan ikan. Senam ini diikuti oleh seluruh peserta. Kemudian diadakan pula Lomba Bercerita, Lomba Cipta Menu Ikan. (u_humpro)