PURBALINGGA – Ada yang berbeda dalam lawatan kegiatan Tarawih Keliling yang dilakukan Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM dan rombongan tim tarling kabupaten Purbalingga. Kehadiran mereka di Desa Gondang Kecamatan Karangreja yang ditunjuk sebagai lokasi tarling Bupati putaran ke-3, disambut berbagai aksi kreatifitas anak-anak muda Desa Gondang yang tergabung dalam wadah Kupas atau Komunitas  Pemuda Sarangan. Salah satunya melalui gelar produk masyarakat bertajuk Kampung Ramadhan.

“Ini kegiatan pemberdayaan yang baru pertama kali kami gelar mulai awal ramadhan lalu. Bentuknya serupa bazar yang menyediakan berbagai kebutuhan ramadhan seperti takjil, makanan siap saji dan kebutuhan masyarakat lainnya,” ujar Ketua Panitia Kampung Ramadhan, Subroto Yudho, di komplek Masjid Baetul Muslimin, Dukuh Sarangan Desa Gondang Kecamatan Karangreja, Jumat (25/5).

Menurut Broto, Kampung Ramadhan yang digelar setiap hari diikuti oleh 19 stand yang menempati pinggir jalan menuju Masjid Baetul Muslimin. Selain kebutuhan ramadhan, Kupas juga menggelar Bazar Pakaian Bekas untuk menghimpun donasi kegiatan dana sosial yang diselenggarakan Kupas.

“Semua hasil bazar pakaian bekas kita gunakan untuk dana sosial. Kami di komunitas memang sudah rutin mengadakan kegiatan dansos bagi kaum miskin,” jelasnya.

Sejak dibuka awal ramadhan lalu, kampung ramadhan selalu ramai dikunjungi warga yang ingin membeli kebutuhan makanan berbuka puasa. Tak hanya warga setempat, namun lama-lama adanya kampung ramadhan itu juga dimanfaatkan warga luar desa untuk berbelanja serba serbi kebutuhan puasa. “Alhamdulillah kegiatan ini berhasil meningkatkan ekonomi pemuda dan warga. Setiap sore dagangan mereka pasti habis. Bahkan warga di luar desa Gondang juga berbelanja disini,” kata Penasehat Kupas, Ngilman.

Dikatakan Ngilman, Komunitas Pemuda Sarangan dibentuk limabelas tahun lalu tepatnya pada 2003. Keberadaanya untuk mewadahi pemuda dukuh Sarangan Desa Gondang dalam berkegiatan baik kegiatan kepemudaan maupun sosial kemasyarakatan. Organisasi itu juga mewadahi para pemuda perantauan yang ada di Jakarta dan Bandung.

“Setiap lebaran kami rutin mengadakan Anniversary pemuda. Lebaran mendatang sekaligus diadakan pengajian dalam rangka peresmian masjid,” katanya.

Melihat aktifitas kreatif yang dilakukan para pemuda Sarangan, Bupati Purbalingga Tasdi mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kekompakan dan keterlibatan mereka dalam bermasyarakat. Momentum ramadhan itu, lanjut Bupati, dimanfaatkan untuk kegiatan positif ada yang bersifat spriritual keagamaan, juga ada kegiatan sosial dan ekonomi kemasyarakatan.

“Saya kira ini bagus. Sambil menunggu buka, mereka kreatif membuat makanan kuliner bela – beli Purbalingga untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di sekitarnya,” kata Tasdi.

Untuk membantu Kupas dalam berkegiatan, Bupati Tasdi tak segan memberikan bantuan dana Rp 20 juta. Diharapkan bantuan tersebut mampu meningkatkan kreatifitas dan peran para pemuda dalam meningkatkan kapasitas diri dan pemberdayaan masyarakat desa. (Hr/Humas)