Susunan kepengurusan Idaroh Syu’biyyah Jami’yah Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nadliyyah (Jatman) Kabupaten Purbalingga resmi dilantik. Pelantikan dilaksanakan langsung oleh KH Dzikron Abdullah Ketua Idaroh Wustho Jawa Tengah dihadiri Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto tokoh dan sesepuh NU Purbalingga di Gedung Nahdlatul Ulama (NU), Sabtu (6/12).

Usai melantik, KH Dzikron meminta agar ikhwan thoriqoh dapat ngemong atau toleransi sesama agama agama. Disamping itu juga dia meminta agar ikwan untuk berhati-hati dalam kehidupan.

“Hati-hatilah dalam kehidupan, kita harus bisa membedakan mana yang halal dan haram. Pupuklah toleransi yang tinggi sesama agama-agama,”pintanya.

Dzikron menuturkan, bahwa tujuan dari Idaroh Syu’biyyah Jatman adalah cara beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allo SWT melalui thoriqoh. Selain itu, pihaknya juga mengimplementasikan syariat, marifat agama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto meminta, agar Idaroh Syu’biyyah Jatman Purbalingga terus mendoakan agar Purbalingga dalam kondisi  aman, damai dan terkendali  serta masyarakatnya lebih makmur serta sejahtera.

“Mudah-mudahan Purbalingga akan diberikan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman),masayarakatnya yang tata tentrem kerto raharjo dapat tercapai,”pintanya.

Sukento menambahkan bahwa pembangunan di sector pembinaan mental spiritual sangatlah penting dalam ikut mendudkung dan memberikan  daya dorong serta support dalam keberhasilan pembangunan di Purbalingga.

“Oleh sebab itu, pelaksanaan pembangunan yang kita lakukan bersama antara masayarakat dan pemerintah , benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,dari yang paling sampai ke atas,”tuturnya.

Oleh sebab itu, lanjut Kento, keberadaan Idaroh Syu’biyyah Jatman, sangatlah penting dalam memberikan warna, serta dinamika kehidupan masyarakat Purbalingga.

Sekretaris Idaroh Syu’biyyah Jatman Purbalingga, H Masamih Toha Putra mengatakan, bahwa program yang dilaksanakan organisasinya selain pengajian rutin setiap Sabtu kliwon, juga melakukan manakib turun kebawah hingga ke tingkat kecamatan. Dan kegiatan manakib di tingkat wustho Jawa Tengah tiap enam bulan.

Susunan kepengurus organisasi Idaroh Syu’biyyah Jami’yah Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nadliyyah (Jatman) Kabupaten Purbalingga  yang dilantik pertama  majlis Ifta,  kedua Ifadliyah (terdiri dari rois dan wakil rois), katib ketiga Imdloiyah (terdiri dari mudhir, wakil mudhir, sekretaris dan wakil sekretaris), aminussunduq dan wakil aminussunduq. Keempat Imdadiyyah terdiri dari lajnah dan thoriqoh, lajnah rabhithah ma’aid thoriqoh, lajnah bahtsul masail thoriqoh, lajnah perekonomian/iqtishdaiyah thoriqoh dan lajnah dakwah dan pendidikan serta lembaga pengembangan kaderisasi thoriqoh.