PaingUntuk mengatasi semakin padatnya arus lalu lintas arah Purbalingga menuju kea rah timur, khususnya menuju Pasar Paing Kecamatan Pengadegan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga berencana melebarkan jalan kabupaten tersebut menjadi tujuh meter.

“Rencananya, nantinya, pelebaran jalan Purbalingga dari arah Kelurahan Bancar utara Kodim Purbalingga menuju Pasar Paing, akan di cor beton satu meter di  sisi kanan dan kiri, sehingga lebar jalan tersebut bertambah menjadi tujuh meter,”ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto, saat mendampingi Bupati Purbalingga Tasdi, Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi  dan pejabat terkait saat pantauan infrastruktur wilayah Kabupaten Purbalingga di Desa Kalikajar Sabtu (5/3).

Menurut Sigit, nantinya, anggaran yang akan digunakan untuk pelebaran jalur tersebut dianggarakan sebanyak Rp26 miliar dibagi dalam dua paket kegiatan. Untuk paket kegiatan kesatu pelebaran jalan perbatasan Desa Kalikajar-Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang yang di sisi kanan kirinya ada persawahan dan jurang dengan anggaran sembilan miliar rupiah. Paket kedua pelebaran jalan Kembaran Wetan – Pengadegan atau Pasar Paing dengan anggaran Rp17 miliar, sehingga jumlah anggaran seluruhnya sebanyak 26 miliar rupiah. Keseluruhan pelebaran jalan tersebut panjanganya  sembilan kilometer.

“Selain akan dilebarkan dengan cor beton, nantinya, jalur tersebut juga akan di tingkatkan dengan melapis ulang/diaspal,”jelasnya.

Bupati Purbalingga Tasdi, saat memantau langsung jalan perbatasan Desa Kalikajar- Desa Kembaran Wetan melihat berbagai retakan di sepanjang jalan tersebut. Menurutnya, penanganana jalur tersebut harus segera direalisasikan, selain jalur yang sempit, kendaraan juga semakin padat, sehingga kedepan akan semakin lancar.