baliho_10_tahun

Kabupaten Purbalingga adalah sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini dipimpin oleh seorang bupati yang bernama Triyono Budisasongko . Drs. Triyono Budi Sasongko, MSi., lahir di Purbalingga, 4 Juni 1956. Anak ke tiga dari 9 bersaudara dari pasangan Bapak Sosrodihardjo (alm) dan Ibu Soetarni), merupakan sosok tokoh pejuang sejati Gerakan Keluarga Berencana. Melalui ide-ide serta karya cemerlangnya sebagai buah dari bentuk dharma bhaktinya terhadap Program KB patut dijadikan teladan dan panutan bagi para pemimpin yang lain. Drs. Triyono Budi Sasongko MSi, menjabat sebagai Bupati Purbalingga sejak tahun 2000 hingga sekarang.

Dalam memimpin rakyatnya senantiasa menggunakan konsep kebersamaan, kemitraan, bertindak local akan tetapi orientasinya global (act locally and think globalty). Dalam kepemimpinannya, Bupati Drs. Triyono Budi Sasongko MSi. ayah tiga anak (Dyah Hayuning Pratiwi lahir di Jakarta, 11 April 1987, Dyah Handayani Nastiti lahir di Jakarta, 22 September 1991 dan Lintang Putra Perwira lahir di Purbalingga, 5 Pebruari 2004, buah hati perkawinan dengan isteri tercinta Rr. Ina Ratnawati), telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya peningkatan ekonomi masyarakat ditempuh melalui berbagai program yang menyentuh rakyatnya antara lain pembukaan lapangan kerja; peningkatan akselerasi usaha kecil dan menengah; serta meningkatkan kesejahteraan dan keadilan antara lain melalui pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Berkat kepemimpinan pemerintahannya yang baik, Triyono Budisasonggko dipercaya untuk memimpin Kabupaten purbalingga selama dua periode

Pada masa pemerintahannya, Triyono Budisasongko mampu memberikan angin perubahan terhadap Kabupaten Purbalingga. Pada masa pemerintahannya banyak sekali pembangunan yang telah dilaksanakan, antara lain pembangunan obyek wisata Owabong, Pemberdayaan UKM- UKM local, investasi asing untuk pembangunan sector industry dan sebagainya. Dengan adanya berbagai pembangunan tersebut sehingga membuat kabupaten ini menjadi semakin berkembang dan terkenal. Banyak wisatawan dan investor-investor yang berkunjung ke Purbalingga, sehingga berdampak pada pemasukan /pendapatan daerah.
Konsep keberhasilan Purbalingga hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh Lee Kuan Yew, Perdana Menteri Singapura. Bupati Purbalingga melakukan perubahan yang berdampak besar bagi Purbalingga. Bupati tersebut merancang pembangunan industry dengan cara mengembangkan sector-sektor UKM yang ada menjadi industry yang besar dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Purbalingga. Triyono Budisasongko jjuga konsisten dalam melakukan pembangunan di Purbalingga sehingga pembangunan Purbalingga dapat berhasil.

KONSEP EXTRAORDINARY PEOPLE DALAM KEBERHASILAN PURBALINGGA

Extraordinary people diartikan sebagai seorang pemimpin yang berbeda, pemimpin tersebut memiliki kemampuan yang tidak biasa, dia mempunyai kemampuan memimpin melebihi pemimpin pada umumnya.

Pemimpin yang mempunyai kemampuan memimpin melebihi pemimpin pada umumnya harus memiliki personality, behavior dan the sense of power yang mampu menghadapi perubahan. Konsep ekstraordinarry people ini dapat kita lihat pada Bupati Purbalingga, Triyono Budisasongko yang dapat membuktikan dirinya sebagai extra ordinary people, karena mampu membawa perubahan yang sangat besar pada Kabupaten Purbalingga. Kepemimpinan Triyono Budisasongko ini mampu membuat Purbalingga meraih gelar penyelenggaraan pemerintahan terbaik se-Jateng pada tahun 2009. (Sumber :  di )