Penilaian kinerja pemerintah kabupaten Purbalingga pada tahun 2013 termasuk dalam katagori sangat tinggi yakni sebesar 3.311. Nilai tersebut berasal dari empat aspek penilaian yakni aspek capaian kinerja sebesar 3,274, aspek pengambilan keputusan sebesar 3,437, aspek pelaksanaan kebijakan sebesar 3,205 dan aspek penyesuaian materi sebesar 4.

Penilaian telah dilakukan oleh tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan. Pemerintahan Daerah (EPPD) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi Jawa Tengah pada bulan Juni 2014.

Kabag Otonomi Daerah (OTDA) pada biro OTDA dan Kerjasaman Provinsi Jawa Tengah, Triharso Widiarto mengatakan hasil dari penilaian tim menempatkan Purbalingga sebagai kabupaten dengan capaian kinerja sangat tinggi.

“Purbalingga menempati kabupaten terbaik di Jawa Tengah,” ujar Triharso pada saat memaparkan hasil monitoring dan evaluasi Tim di Ruang Ardilawet, Rabu (15/10).

Dari hasil ini lanjut Triharso maka Purbalingga bisa maju ke tingkat Nasional. Triharso berharap Purbalingga bisa menempati urutan 1 atau 2 tingkat nasional jika skenarionya tidak berubah. Penilaian tingkat nasional akan dilaksanakan pada bulan November 2014. Tim penilai akan diikuti oleh Kementrian Dalam Negeri, Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan, Lembaga Administrasi Negara dan Sekretariat Kabinet.

“Materi yang harus dipersiapkan adalah paparan gambaran umum, indikator kesejahteraan, good governance, dan program daya saing,”ujar Triharso

Sedangkan untuk kunjungan lapangan berlokasi di SD/SMP untuk bidang pendidikan, puskesmas untuk kesehatan, dan kantor pelayanan terpadu untuk bidang pelayana. Menurut Triharso yang perlu dipersiapkan pada saat tinjauan lapangan adalah standar operasional prosedur, stndar pelayanan publik, sarana dan prasarana, prestasi dan penghargaan, program dan kegiatan inovatif, sarana lingkungan, bangunan fisik, jalan kabupaten,

Sekretaris Daerah, Imam Subijakto mengatakan penilaian EKPPD dan LPPD merupakan sarana untuk peningkatan pelaksanaan tugas Pemda baik bidang  pembangunan, pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Penghargaan EKKPD dan LPPD adalah suatu penghargaan yang bergengsi dan ini merupakan reward dari pemerintah pusat kepada pemda atas kinerja terbaiknya,” ujar Imam

Imam berharap kabupaten Purbalingga dapat kembali memperoleh penghargaan tersebut. Karena Purbalingga telah mendapatkan untuk ke dua kalinya yaitu penilaian tahun 2011 dan tahun 2012 dengan penghargaan satya kencana karya bhakti praja nugraha.

“Kalau tiga kali berturut-turut maka Purbalingga bisa mendapatkan penghargaan parasamya purnakarya nugraha,” ujar Imam.

Sedangkan Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto memberikan motivasi kepada seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Purbalingga agar selalu meningkatakan kinerjanya. Kalau mempunyai kinerja yang baik, dan bisa efesien dalam penggunaan anggaran maka ada kemungkinan kita bisa dinaikan tambahan penghasilan pegawainya (Tamsilpeg).

“Selain penghargaan dari pusat tamsilpeg juga merupakan reward bagi pegawai negeri sipil atas kinerja yang dilakukannya,” ujar Sukento