Pawai TaarufSedikit berbeda dengan perayaan tahun baru Islam sebelumnya, perayaan tahun baru kali ini lebih meriah. Sebab beberapa kelompok masyarakat merayakanya secara bersamaan di Alun Alun Purbalingga, Sabtu (25/10), bertepatan dengan 1 Muharram 1436 H.

Tak hanya Badko TPQ, Yayasan Harumis Purbalingga juga mengelar pawai ta’aruf yang dirangkai kegiatan sunatan massal dan lomba dakwah di Masjid Agung Daarusaalam.

Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Qur’an (Badko TPQ) kabupaten Purbalingga mengawali perayaan dengan pawai ta’aruf yang diikuti ribuan santri TPQ dari berbagai penjuru kecamatan se kabupaten Purbalingga.

Usai pawai, mereka berkumpul di Pendapa Dipokusumo untuk menggelar gebyar kreasi santri TPQ. Berbagai penampilan seni Islami ditampilkan para santri yang mewakili kecamatan masing-masing.  Ada seni hadroh, seni drama islami, cerita islami, puisi islami  dan lainnya.

Bupati mengharapkan, melalui peringatan tahun baru, potensi dan perkembangan TPQ di Purbalingga dapat terus meningkat.

“Ini adalah generasi islami kita yang akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia masa depan. Terima kasih kepada para pengurus badko utamanya para pengasuh TPQ di Purbalingga,” kata Bupati Sukento usai mengajukan beberapa pertanyaan kuiz kepada para santri.

Para santri juga diberi kesenangan berupa hadiah uang Rp 50.000 atas jawaban pertanyaan yang diajukan oleh Bupati Sukento Rido Marhaendianto dan Ketua Umum Badko TPQ Hj Erna Sukento yang juga istri Bupati Purbalingga.

Ketua Panitia, Ma’bub Muawan menuturkan kegiatan dilakukan sebagai sosialisasi kehadiran tahun baru hijriah sekaligus syiar islam. Kegiatan diisi karnaval santri, panggung kreasi santri, dan santunan anak dhuafa dari Baznas kabupaten Purbalingga.

“Tiap Badko Kecamatan mengusulkan 10 anak. Masing-masing menerima Rp 100 ribu,” jelasnya.

Penyelenggaraan Gebyar Kreasi Santri tahun ini, Badko TPQ Purbalingga bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Bazda (sekarang Baznas-red) Kabupaten Purbalingga.