Muhammadiyah Diminta Tetap Dukung Pemerintah

Gd MuhGerakan Muhammadiyah berciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju dan terdidik. Menampilkan ajaran Islam bukan sekadar agama yang bersifat pribadi dan statis, tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya.

Gerakan Muhammadiyah yang baru milad ke 105, merupakan organisasi keagamaan dengan persatuan serta kebersamaan warganya yang kuat. Untuk itu, Muhamamdiyah, diminta ikut mendukung dan mensukseskan jalanya pemerintahan daerah.

“Saya kagum akan persatuan dan kebersamaan warga Muhammadiyah.  Persatuan ini merupakan satu modal utama, karena Indonesia saat rasa persatuan masyarakatnya sudah mulai memudar. Dan Muhamadiyah sudah membuktikan, dengan kebersamaan serta persatuan yang selama ini, diharapkan akan tetap istiqomah. Sehingga sila ketiga dalam Pancasila tersebut, akan selalu terjaga,”ujar Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto, usai meresmikan Gedung Dakwah Muhammadiyah Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah Purbalingga, Minggu (23/11).

Bupati menambahkan, salah satu wujud persatuan dan kebersamaan warga Mumammadiyah, dengan didirikannya gedung dakwah tersebut. Sehingga kebersamaan dan perastuan warga Muhammadiyah tidak perlu diragukan lagi.

“Untuk itu, saya meminta, agar kebersamaan dan persatuan seluruh warga Muhammadiyah, tetap dipertahankan. Selain itu, dalam menjalankan roda pemerintahan, khususnya di Kabupaten Purbalingga, saya minta Muhammadiyah ikut mensukseskan, serta mendukungnya,”pintanya.

Menurutnya, pembangunan gedung dakwah tersebut  juga merupakan wujud persatuan kebersamaan yang kuat.Diharapkan perjuangan Muhamadiyah di Purbalingga akan membantu suksesnya pemerintahan di Kabupaten Purbalingga.

“Mudah-mudahan gedung dakwah ini dapat bermanfaat untuk umat. Karena perjuangan atau berdakwah juga membutuhkan tempat, agar organisasi bisa jalan, serta akan tercapai apa yang menjadi cita-citan orgainasi tersebut,”ujarnya.

Pembangunan gedung dakwah Muhammadiyah Kalikabong merupakan rintisan Hasan Muhadi. Selain  merintis berdirinya organisasi tersebut, dirinya juga merelakan tanah miliknya untuk di wakafkan di jadikan taman kanak kanak (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah, sebagai madrasah yang pertama di Kalikabong.

Pada awalnya madrasah tersebut, tempatnya sangat sederhana, dengan hanya berdidinding papan bambu. Atas kebersamaan dan persatuan warga Muhammadiyah, saat ini sudah di renovasi menjadi aula, dan juga dimanfaatkan untuk kelas MIM Kalikabong.

Salah satu perintis Muhamadiyah di di Kalikabong Hasan Murjana, dengan merintis berdirinya masjid pertama kali di tempat tersebut. Masjid pertama yang dibangun atas rintisannya, adalah Masjid Al Hasan Kalikabong. Selain sebagai tempat ibadah, masjid tersebut juga untuk media dakwah dan syiar Islam.Selanjutnya Khalimi, juga termasuk perintis Muhamadiyah, yang sudah mewakafkan tanahnya, untuk pembangunan mushola dan gedung dakwah tersebut. Ketiganya mendapatkan penghargaan sebagi perintis,atas jasa-jasanya terhadap Muhammadiyah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *