Nilai – nilai kejuangan 45 yang dicontohkan oleh para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia harus terus dikobarkan dan diwariskan kepada generasi penerus sehingga tak lekang oleh waktu. Nilai – nilai kejuangan itu seperti semangat rela berkorban, semangat patriotisme dan  nasionalisme.

“Musuh atau penjajah yang dihadapi saat ini bukan lagi dalam bentuk peperangan dengan memanggul senjata. Namun musuh yang dihadapi adalah kebodohan, kemiskinan dan merosotnya kwalitas moral. Inilah musuh yang ada dihadapan kita saat ini,” ujar Bupati Sukento Rido Marhaendrianto saat membuka Rapat Kerja Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC BPPK 45) Kabupaten Purbalingga di Operation Room Graha Adiguna, Rabu (15/10).

Saat ini, lanjut Bupati, nilai-nilai kejuangan 45 seolah-olah menjadi barang yang langka. Tergerus oleh berbagai gempuran nilai-nilai dan budaya mencari kenikmatan sesaat atau hedonistic, materialistic, dan budaya serba instan. Disinilah, tandas Bupati, dibutuhkan langkah nyata dari jajaran pengurus DHC 45 dalam membudayakan dan mengobarkan kembali nilai-nilai kejuangan 45.

Menurut Bupati, di Kabupaten Purbalingga angka kemiskinan masih tergolong tinggi. Masih ada sedikitnya 220 ribu penduduk Purbalingga yang tergolong miskin. Pekerjaan rumah lainnya, lanjut Bupati, masih ada 18 ribu rumah di Purbalingga tergolong rumah tidak layak huni (RTLH).

“Kementerian Sosial telah membantu rehab 150 rumah tidak layak huni. Dibanding jumlah RTLH yang ada tentu masih banyak yang harus kita entaskan,” katanya.

Bupati berharap, meski telah banyak pengurus dan anggota DHC 45 yang purna tugas, diharapkan tetap berjuang  dibidang tugasnya masing-masing.

Selain membahas program kerja dan konsolidasi pengurus, kegiatan itu juga diisi pemaparan pembudayaan nilai-nilai kejuangan 45 oleh Drs H Soekarno Prasodjo dan Haryono SE MSi, Program Kerja DHC oleh Drs Anas Sumarjo dan Drs Supardan serta Informasi Revitalisasi BPPK 45 Purbalingga oleh  Drs Subeno MM. Kegiatan itu juga dihadiri Ketua DHC BPPK 45 Kabupaten Purbalingga, Drs H Soetarto Rahmat.