PURBALINGGA- Memasuki Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kab. Purbalingga menyelenggarakan pasar murah. Pasar murah yang merupakan agenda rutin Pemkab selalu mendapat respon dan perhatian besar masyarakat  dengan makin banyaknya pengunjung dan aneka jenis barang kebutuhan yang semakin beragam. Bahkan beberapa komoditas seperti daging diberikan kepada warga miskin secara cuma-cuma atau tanpa membayar.

“Jadi penyelenggaraan pasar murah tidak hanya banyak diskon, namun karena banyak juga masyarakat yang tidak sanggup membeli maka harus ada yang digratiskan sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat kurang mampu,” kata Bupati Purbalingga H. Tasdi SH.MM saat memberikan sambutannya pada pembukaan pasar murah Ramadhan 1439 Hijriyah /2018 Masehi tingkat Kabupaten Purbalingga di lapangan Desa Karangnangka Kecamatan Bukateja, Sabtu (26/05).

Bupati mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya pasar murah dalam rangka mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan pokok masyarakat yang biasa terjadi pada bulan ramadhan serta meringankan beban sebagianmasyarakat khususnya warga kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan di bulan ramadhan dan idul fitri karena berbagai anekaproduk terutama sembako dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah dan terjangkau disbanding harga di pasaran.

Dalam laporannya Kepala Dinperindag Drs Sidik Purwanto menyampaikan pada tahun ini pasar murah diselenggarakan di 4 titik lokasi yaitu di Desa Karangnangka Kec.Bukateja tanggal 26 Mei 2018, di Desa Binangun Kec.Mrebet tanggal 31 Mei 2018, di Desa Jatisaba Kec. Purbalingga tanggal 5 Juni 2018 dan Desa Tlahab Kidul Kec. Karangreja yang akan digelar 9 Juni 2018.

“Jumlah komoditas untuk empat lokasi dimaksud mencapai 27.408 paket yang terdiri dari 17.300 paket yang akan dijual dengan subsidi atau diskon rata-rata 50%. Dan untuk komoditas yang kami gratiskan sejumlah 10.108 paket,” terang Sidik.

Paket yang akan diberikan secara gratis, lanjut Sidik meliputi daging sapi, beras dan minyak goreng masing-masing sebanyak 2.645 paket untuk 4 lokasi, daging ayam dan daging lele sebanyak 562 paket untuk 1 lokasi, ayam hidup sebanyak 429 paket untuk 1 lokasi, 400 paket sembako dari Owabong untuk 1 lokasi dan 220 paket sembako untuk 1 lokasi dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.

“Penyelenggaraan tahun ini kami sediakan juga stand cukur rambut gratis bagi 100 orang di 4 lokasi pasar murah,” kata Sidik.

Kegiatan pasar murah Ramadhan 1439 Hijriyah didukung oleh beberapa perbankan yaitu Bank Indonesia Purwokerto, Bank Mandiri dan BNI di Purbalingga, OPD di lingkup Pemkab Purbalingga yaitu Dinperindag, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UKM dan Bagian Perekonomian Setda Purbalingga. Selain itu juga didukung instansi vertikal, BUMN, Tim Penggerak PKK Kab. Purballingga, Dharma Wanita Persatuan Setda Purbalingga, Bhayangkari Polres Purbalingga,Persit Kodim 0702/Purbalingga, GOW, Bank Jateng, IKD,KADIN ,GAPENSI  dan APINDO Purbalingga, Forum BUMD Perbankan Purbalingga, PD Owabong, PD Puspahastama,Perkumpulan Masyarakat Tionghoa , Purbasari Pancuran Mas dan beberapa pihak pendukung lainnya. (t/humas)