Idul KorbanSebagai bentuk kepedulian , serta sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat, khusunya kaum dhuafa, pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah, atau tahun 2014 , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menyerahkan hewan qurban. Hewan qurban berupa sapi dan kambing , secara simbolis langsung diberikan Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhendrianto, Wakil Bupati Purbalingga Tasdi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga Tongat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga Imam Subijakto, kepada takmir masjid, dan  disaksikan para pimpinan Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Daerah, serta para ulama, usai pelaksanaan sholat Idul Adha 1435 Hijriyah Tingkat Kabupaten Purbalingga, di halaman Pendapa Dipokusumo, Minggu (5/10).

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhendrianto, saat menyerahkan secara simbolis hewan qurban,  meminta kepada para takmir/panitia, agar qurban diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya, atau yang lebih membutuhkan. Secara bergantian diawali oleh Bupati Purbalingga, Ketua DPRD, Sekda menyerahkan hewan qurban dari pemkab kepada takmir masjid, selanjutnya diteruskan kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Purbalingga, untuk diteruskan/didistribusikan kepada yang berhak menerima.

“Saya serahkan hewan qurban dari Pemkab berupa sapi, untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya, atau yang lebih membutuhkannya.Semoga dengan pemberian qurban oleh pemkab kepada masyarakat, khususnya kaum dhuafa akan menjadi berkah, ”tuturnya.

Kepala Sub Bagian Bina Mental, pada Bagian Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setda Purbalingga, Farkhan Machmudin yang juga anggota PHBI mengatakan, bahwa PHBI Kabupaten Purbalingga, pada perayaan Idul Adha tahun ini memberikan hewan qurban berupa tiga ekor sapi, dan sembilan ekor kambing. Sedangkan penyerahannya, secara simbolis dilakukan oleh bupati , wabup, sekda serta pejabat lain usai pelaksanaan sholat Idul Adha Tingkat Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan hewan qurban pemkab yang penyerahannya secara simbolis oleh Wakil Bupati Purbalingga, langsung diserahkan kepada warga masyarakat Dusun Bayeman Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga.

“Untuk hewan qurban dari pemkab pada tahun ini, yang yang penyerahan oleh Bupati Purbalingga, diserahkan untuk takmir Masjid Al Mustahid RT 03 RW 01 Desa Karanglewas Kecamatan Kutasari.  Sedangkan yang diserahkan oleh Wakil Bupati Purbalingga, langsung diberikan kepada warga Dusun Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja,”jelasnya.

Menurutnya, dengan pemberian qurban oleh pemkab kepada masyarakat yang membutuhkan, diharapkan para kaum dhuafa akan terbantu, serta terpenuhi dalam mengkonsumsi makan bergizi tinggi seperti daging, khusunya daging qurban.

“Karena, tidak semua orang/masyarakat, dalam kesehariannya, mampu mengkonsumsi makan, makanan yang bergizi. Sehingga, melalui momen Idul Adha ini, diharapkan mereka dapat ikut merasakan/menikmati berkah perayan ini,”pungkasnya