Memasuki usia ke-28, IPHI Diharapkan Menjadi Pelopor Pemersatu Umat

PURBALINGGA INFO – Di momen ulang tahun ke-28, Bupati Tasdi mengharapkan kepada IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) untuk menjadi pelopor pemersatu antar umat. Hal itu yang disampaikan Bupati Tasdi pada saat memberikan sambutan pada acara Pengajian dalam rangka Harlah (Hari Ulang Tahun) IPHI ke 28, bertempat di Masjid Agung Darussalam Purbalingga pada Minggu pagi (1/4).

“Bangsa kita saat ini membutuhkan tokoh-tokoh yang dapat mempersatukan  keutuhan bangsa dan negara  kesatuan Republik Indonesia. Kami mohon dengan hormat para kasepuhan ini menjadi pelopor umat di Purbalingga. Menjadi pelopor ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan dalam ikatan kebangsaan) dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama umat manusia)” kata Tasdi.

“Masyarakat perlu dipersiapkan dengan baik karena sekarang masuk era global, era demokratisasi, era teknologi, semua serba cepat, yang positif cepat tersebar, yang negatif juga cepat tersebar. Maka kita perlu benteng yang kuat yang dapat mewujudkan masyarakat yang berakhlakul karimah.” lanjut Tasdi

Tasdi melanjutkan, dalam rangka mewujudkan masyarakat Purbalingga yang berakhlak mulia, dan dalam rangka mendukung IPHI, Pemerintah sedang membangun Islamic Center, untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan keislaman termasuk kegiatan haji di Purbalingga.

“Pemerintah saat ini sedang membangun komplek Islamic Center yang nantinya dapat memfasilitasi kegiatan haji seperti manasik. Nantinya para calon haji dapat latihan manasik di sana. Akan dibangun juga kantor IPHI dan fasilitas keislaman lainnya. Insya Allah 2019 akan selesai pembangunannya” kata Tasdi.

Selain itu, Tasdi sudah mengusulkan kepada Menteri Agama agar dibangun Embarkasi Haji di Purbalingga, khusus untuk wilayah karasidenan Banyumas.

“Saya sudah mengusulkan kepada Menteri Agama untuk dibangun Embarkasi Haji khusus untuk wilayah karasidenan Banyumas, kami sudah menyiapkan lahan seluas 5 hektar, sehingga para calon jamaah haji nantinya tidak perlu ke Solo. Dengan dibangunnya bandara JBS nanti, akan semakin memudahkan para calon jamaah. Pada tahap awal sebelum embarkasi jadi, nanti para calon jamaah akan diantar ke Solo menggunakan pesawat sehingga memudahkan para calon jamaah haji yang sudah lanjut usia, dan setelah embarkasi di Purbalingga jadi, para jamaah akan langsung berangkat dari Bandara JBS menuju Jeddah.” jelas Tasdi.

Ketua Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Purbalingga, Drs. H. Munir mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga yang telah mendukung dan mengapresiasi IPHI.

“Para calon jamaah haji difasilitasi seragam gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun, bahkan Bupati  secara khusus ikut mengantarkan para calon jamaah haji ke Asrama Donohudan, Boyolali, pulangnya pun dijemput . Itu merupakan bentuk perhatian yang luar biasa, dan semoga menjadi amal jariyah yang dapat diterima oleh Allah” kata Munir.

Munir melanjutkan, di ulang tahun ke 28 ini, Purbalingga mendapat kepercayaan dari Provinsi Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah peringatan Harlah IPHI ke 28.

“Sesuai petunjuk Bupati Harlah IPHI tingkat Jateng akan dilaksanakan di Pendopo Dipokusumo pada hari Ahad (6/5). Bupati sudah menunjuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Sigit Subroto sebagai ketua panitia. Mudah-mudahan acara berjalan dengan lancar.” harap Munir.

Di akhir sambutannya Munir menambahkan, berkaitan dengan tahun politik, Munir berharap para anggota IPHI dan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu nanti.

“Tahun ini tahun politik, saya minta para anggota IPHI dan seluruh masyarakat jangan ada yang golput, harus memilih. Ali bin Abi Thalib pernah bersabda ‘kedzaliman akan terus ada bukan karena banyaknya orang jahat, tetapi karena diamnya orang-orang baik’, pilihlah yang baik, insya Allah menjadi ibadah. Muslim yang tidak peduli politik, akan dipimpin oleh politikus yang tidak peduli dengan Islam” pungkas Munir. (PI-9)