PURBALINGGA, INFO – Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM menerima medali dan penghargaan kebudayaan dari Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia (LKNI) yang berpusat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penyematan medali dan penyerahan penghargaan dilakukan di Alun Alun Purbalingga oleh Ketua Umum LKNI Pusat Drs. Totok Sudarwoto.

“Penghargaan ini memotivasi saya untuk bergerak labih aktif lagi dalam membangun budaya dan pariwisata di Purbalingga. Terima kasih kepada LKRI yang sudah mengapresiasi apa yang kita lakukan di Purbalingga,” ujar Bupati Tasdi usai menerima medali dan penghargaan bersamaan dengan acara Apel Akbar dan Penyerahan SK Bupati kepada GTT Kabupaten Purbalingga di Alun Alun, Senin (29/1).

Bupati menandaskan, pembangunan seni budaya penting digelorakan untuk menyokong keberhasilan pembangunan karakter dan jati diri bangsa. Salah satunya, bagaimana rakyat kita senang dengan produk-produk Indonesia, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi sehingga akan mengangkat derajat dan martabat bangsa Indonesia.

Piagam penghargaan Pembina Seni Budaya dan Pariwisata Daerah yang diberikan kepada Bupati Tasdi merupakan karya seni rupa berukuran 60 x 50 cm yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal LKNI Pusat sebagai promotor, Dewan Penaswhat LKNI Prof. Dr. M Agus Burhan, M.Hum (Rektor Institut Seni Indonesia Yogyakarta) dan Ketua UMUM BKKI Pusat.

Ketua Umum LKNI Pusat Drs Totok Sudarwoto menuturkan, penghargaan budaya diberikan karena Bupati Tasdi, selama ini dinilai telah ikut memajukan dan nguri-uri kabudayan khususnya kabudayan Jawa dan sangat getol memajukan bidang pariwisata Purbalingga. “Purbalingga memiliki potensi budaya dan pariwisata yang cukup beragam. Potensi itu perlu terus dirawat dan ditumbuhkembangkan terutama oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) bergandengan tangan dengan seluruh unsur masyarakat. Maka potensi itu akan lebih berkembang dan membanggakan,” katanya.

Menurutnya, selama ini pihaknya telah memberikan penghargaan serupa kepada sejumlah kepala daerah di Indonesia. Diantaranya Wakil Gubernur DIY, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Sumatera Selatan, serta Gubernur Lampung. Untuk kalangan Bupati, penghargaan serupa telah diberikan kepada Walikota Yogyakarta, Walikota Denpasar – Bali, Bupati Samosir, Bupati Raja Ampat, Walikota Malang dan kali ini kepada Bupati Purbalingga.

Diakui Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Sri Kuncoro,  semenjak pemerintahan Tasdi – Tiwi, bidang Kebudayaan dan Pariwisata mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini ditunjukan dengan adanya duta-duta seni dan budaya Purbalingga yang sering tampil pada event regional maupun nasional.

“Purbalingga telah berhasil mencetak Juara 1 untuk 5 kategori lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah, yakni vokal daerah, tradisi lesan, musik tradisional, gitar tunggal dan menyanyi tunggal. Sampe-sampe duta seni kita, menyanyi di Istana Negara Jakarta,“ ujarnya penuh bangga.

Pertimbangan lain yang dijadikan nilai tambah dalam pemberian penghargaan tersebut menurutnya adalah diselenggarakannya  lomba karawitan antar OPD dan pengadaan seperangkat alat gamelan di OPD maupun di sekolahan. “Apa yang dilakukan ini merupakan bukti nyata dari Bapak Bupati dalam ikut nguri-uri dan melestarikan seni dan kabudayan khususnya seni Karawitan,”pungkasnya.(PI-4)