Peran Satlinmas Dinilai Strategis

PURBALINGGA, INFO- Menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 27 Juni mendatang, 4 (empat) Kabupaten se-Eks Karesidenan Banyumas yaitu Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara menggelar apel siaga Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di alun-alun Purbalingga, Rabu (9/5). Apel siaga tersebut merupakan putaran ke 6 (enam) atau terakhir yang bertujuan memeriksa kesiapan Satlinmas atau Hansip (Pertahanan Sipil) dalam melakukan pengamanan Pilgub 2018.

Saat mengulas sejarah dan kontribusi Satlinmas yang diwakilkan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk anggota Satlinmas yang telah dan akan melakukan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih. Dia berharap Satlinmas akan selalu berada di garda terdepan dalam melakukan pengamanan khususnya pada perhelatan Pilgub 2018 dan Pilkada yang ada di Jawa Tengah.

“Hansip atau Satlinmas sangat dirasakan kontribusinya bagi masyarakat serta Negara. Pada event-event penting, mereka selalu terlibat dalam melakukan pengamanan,” katanya.

Dirinya juga mengulas sejarah panjang Satlinmas atau Hansip di kancah nasional. Hansip pernah melakukan stabilisasi pasca agresi Belanda II, melakukan penumpasan pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) Madiun tahun 1948, melakukan penumpasan pemberontakan DI/TII, penumpasan pemberontakan G30 S PKI tahun 1965 dan kontribusi lain yang tercatat dalam sejarah.

“Jangan pandang sebelah mata peran mereka. Mereka pernah menjadi pelaku sejarah demi menjaga NKRI dan keamanan Negara,” imbuh Sinoeng.

Kepala Satpol PP Purbalingga, Yonathan Eko Nugroho berujar, apel siaga Satlinmas diperlukan demi mempersiapkan anggota Satlinmas menghadapi Pilgub serta Pilkada di Jawa Tengah. Dirinya mengaku, Satpol PP Kabupaten Purbalingga juga telah siap melakukan pengamanan dengan pihak kepolisian demi terciptanya Pilgub yang damai.

Di Jawa Tengah ada 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang akan melakukan suksesi kepemimpinan dan Pilgub yang tentu saja membutuhkan deteksi dini pengamanan. Bupati Purbalingga, Tasdi menuturkan, Satlinmas harus selalu berkoordinasi dengan pimpinan pemerintahan mulai dari Kepala Desa, Camat serta kepolisian jika menemukan hal yang mengancam keamanan lingkungan.

“Satlinmas harus mampu melakukan deteksi dini. Anda harus berkoordinasi dengan pimpinan wilayah agar cepat ditindak lanjuti jika di suatu hari ditemukan hal yang mengancam keamanan,” pungkas Tasdi. (PI-8)

Ket foto:Apel Siaga Satlinmas pengamanan Pilgub 2018.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *