PancasilaPeringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2014 Tingkat Kabupaten Purbalingga, berlangsung sederhana dan khidmat. Upacara dilaksanakn di halaman Pendapa Dipokusumo Rabu, (1/10), dipimpin langsung oleh Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto, dengan komandan upacara Kapten Arh Untung Budiono. Sedangkan peserta upacara terdiri dari pasukan Komando Distrik Militer (Kodim) 0702 Purbalingga, Pasukan Batalyo Infanteri (Yonif) 406/Ck, pasukam Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba, pasukan Kepolisian Resort (Polres) Purbalingga, pasukan gabungan Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), pasukan Perlindungan Masyarakat (lLinmas), dan pasukan dari pelajar SMP di Purbalingga, masing-masing satu peleton.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Purbalingga, Tasdi, tamu undangan dari Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Purbalingga, yang terdiri dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga , Dandim 0702 Purbalingga, Danlanud Wirasaba Purbalingga, Danyon  406/Ck Purbalingga, Ketua Pengadilan Negeri Purbalingga, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Purbalingga, para Kepala Badan/Dinas/Kantor/Bagian, serta Camat  se – Kabupaten Purbalingga.

Kepala Bagian Umum Sekeretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purbalingga, Akhsan Mashuri, menuturkan, bahwa untuk pelaksanan upacara tersebut dilaksanakan secara sederhana, khidmat,dan tertib. Hal itu sesuai dengan instruksi yang dikeluarkan oleh Kemdikbud, agar pelaksanaan upacara tersebut, dilakaksanakan dengan khidmat.

“Berdasarkan pedoman upacara yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud), menyebutkan, tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah ‘Penguatan Nilai -Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi’,”tuturnya usai pelaksanaan uapacara.