Peringati Hari Air Sedunia, PERPAMSI Jateng Tanam 15.000 Pohon di Purbalingga

PURBALINGGA – Memperingati Hari Air Sedunia ke-26 tahun 2018, Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan di Purbalingga. Acara yang dipusatkan di Obyek Wisata Goa Lawa Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja ditandai dengan penanaman 15.000 pohon penghijauan.

“Ini adalah kepedulian PDAM-PDAM se Jawa Tengah dalam memberikan stimulan bagi masyarakat untuk menanam pohon,” ujar Ketua PD Perpamsi Jawa Tengah Samino, SE di sela-sela penanaman pohon bersama Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM di komplek wisata Goa Lawa Purbalingga, Sabtu (28/4).

Dikatakan Samino, kegiatan penanaman pohon yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia sebagai upaya melestarikan alam dan menyediakan ketersediaan air secara berkelanjutan untuk anak cucu kita. “Menurut saya ini baru sebagian dari yang bisa kita lakukan bersama-sama. Kita semua bisa berbuat sendiri-sendiri di rumah dan pekaranganya dengan menanam pohon,” katanya.

Cara lain yang bisa dilakukan, imbuh Samino, dengan membuat sumur resapan dimana saja supaya air hujan bisa masuk kedalam bumi. Nantinya dapat menjadi sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan kita semua.

Sementara Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM menuturkan kegiatan peringatan Hari Air Sedunia dengan menanam 15.000 pohon selaras dengan UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Selain itu juga selaras dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2016 tentang Pelestarian Lingkungan Hidup.

“Karenanya kami sebagai bupati tuan rumah menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Perpamsi dan para direksi PDAM se-Jawa Tengah yang telah menunjuk Purbalingga sebagai lokasi kegiatan,” katanya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup yang rutin diperingati setiap tanggal 22 Maret setiap tahunnya, selain sebagai ajang silaturahmi dan instrospeksi juga sebagai langkah instroprospektif bagaimana menjaga lingkungan alam dan hutan agar keberadaan air dapat lestari sebagai sumber kehidupan manusia.

Sebelum penanaman pohon bersama, dilakukan penyerahan bantuan 15.000 pohon secara simbolis dari Ketua Perpamsi kepada Bupati Purbalingga. Bantuan tersebut selanjutnya di berikan kepada pengelola Goa Lawa, Gerakan Pramuka,  serta sejumlah desa di wilayah Kecamatan Karangreja.

“Dari 15.000 pohon berbagai jenis, yang ditanam di wilayah Karangreja sebanyak 7000 pohon. Selebihnya ditanam di wilayah sumber mata air operasional PDAM Purbalingga yang tersebar di 12 wilayah kecamatan,” jelas Durektur PDAM Purbalingga, Riyanto.

Ditambahkan Riyanto, peringatan Hari Air Sedunia Perpamsi Jawa Tengah dilaksanakan dua hari. Sebelumnya, pada Jumat malam (27/4) diselenggarakan sarasehan di Gedung Andrawina Owabong Cottage. Sarasehan diikuti seluruh direksi PDAM se-Jawa Tengah dan dihadiri Bupati Purbalingga Tasdi dan Perpamsi Korwil Banyumas Bambang Yulianto, ST, MSi. (Hr/humas).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *