Lomba PerpusPerpustakaan Kedung Ilmu SD Negeri 1 Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah, dinilai tim lomba Perpustakaan SD tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tim Penilai yang diketuai Arief Suharsoyo, diterima oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto di Aula SD setempat, Sabtu (4/10).

Arief Suharsoyo menuturkan, diadakannya lomba perpustakaan SD ini adalah dalam rangka memberikan motivasi terhadap anak didik agar mempunyai hobi dan kegemaran membaca.  Apalagi dalam standar pengelolaan pendidikan juga mewajibkan  SD mempunyai sebuah perpustakaan.

Menurut Arief  lomba perpustakaan bukan anya berorientasi kepada kejuaraannya, namun lebih mengedepankan kemanfaatanya. “Perpustakaan harus bermanfaat kepada siswa, guru, komite dan warga yang ada di sekitar lingkungan sekolah,” ujar Arief.

Sehingga, lanjut Arief, dalam mempersiapkan lomba pihak sekolah jangan sampai seperti “Bandung Bondowoso” membangun candi. Segalanya dipersiapkan dalam waktu semalam harus jadi. “Tentu yang seperti ini tak mencerminkan tujuan diadakannya lomba perpustakaan,” tandasnya.

Sementara Bupati Sukento, menyambut baik adanya lomba bagi perpustakaan SD, agar perpustakaan yang ada dapat berkembang dan dikelola lebih baik. Dengan adanya penilaian, tentu akan memotivasi para pengelola untuk berusaha mengembangkan perpustakaan yang ada. Salah satu impian Bupati, khususnya bagi perpustakaan daerah kabupaten adalah dapat dikelola menjadi perpustakaan elektronik. “Ini yang belum bisa terwujud dan akan terus kita dorong,” katanya.

Bupati Sukento sengat sepakat dengan istilah Perpustakaan sebagai Jendela Ilmu. Sehingga koleksi buku di perpustakaan harus terus ditingkatkan. Dia mengaku telah meminjakan buku ensiklopedia seharga puluhan juta kepada perpustakaan di SMP Negeri 1 Purbalingga.

“Buku itu semula ada di rumah dinas, namun sejak dibeli kurang banyak dimanfaatkan. Sehingga lebih baik ditempatkan di perpustakaan. Saya sedang mencari lagi kalau nemu akan saya pinjamkan ke perpustakaan ini (SD 1 Kedungwuluh-red),” katanya.

Menurut Kepala Perpustakaan Kedung Ilmu, Darsiwen, perpustakaan yang ada di SD N 1 Kedungwuluh telah berdiri sejak Desember 2010. Hingga kini perpustakaan yang dikelolanya telah memiliki koleksi buku hingga 2.302 judul yang meliputi 7.706 eksemplar.

Selain kedung ruang perpustakaan yang berada di bagian depan sekolah, Kedung Ilmu juga memiliki area taman bacaan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai tempat membaca yang sejuk dan rimbun. Fasilitas lainnya, perpustakaan tersebut juga dilengkapi dengan layanan audio visual yang dilengkapi dengan fasilitas internet.