PURBALINGGA – Pertihusada atau Perkemahan Bakti Saka Bhakti Husada merupakan kegiatan yang berorientasi pada pengabdian masyarakat. Serta sebagai wujud nyata Pramuka dalam mengkapanyekan tentang pentinya kesehatan. Hal itulah yang mendorong Kwartir Cabang Purbalingga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten menyelenggarakan kegiatan Pertihusada Cabang yang di Pusatkan di desa Brecek Kaligondang pada tanggal 14 – 17 September 2017. Tidak kurang dari 500 Pramuka Penegak Pandega yang berasal dari 22 puskesmas se-Purbalingga ikut andil dalam kegiatan yang mengusung tema Mewujudkan Purbalingga Sehat Bersama Pramuka.

Bupati Purbalingga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang H. Tasdi, SH.MM membuka secara Resmi kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari tiga malam ini. Bukan hanya untuk mengkapanyekan tentang pentingnya kesehatan, kegiatan ini juga bertujuan sebagai aksi nyata pramuka untuk masyarakat. Hal itu diwujudkan dengan kegiatan bhakti yaitu pembangunan bak sampah, foot healthy, pemberantasan sarang nyamuk, tanam toga, bhakti sosial, dan aplikasi perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS).
Selain kegiatan bhakti, ada juga kegiatan wawasan berupa pemberian materi kesehatan, diantaranya materi makanan tambahan dan 4 sehat 5 sempurna, HIV AIDS dan Narkoba, Angka kematian ibu, Diare, Kesakaan, Demam Berdarah, Apresiasi film, SBH Discussion, Friendship Forever.
Dalam sambutannya, Bupati Purbalingga mengapresiasi kegiatan Pertihusada. Tasdi juga mengajak kepada seluruh peserta agar selama kegiatan mereka bisa menunjukan bahwa Pramuka memang memiliki karakter unggul dan bisa menjadi contoh baik bagi masyarakat sekitar. “Jadikanlah kegiatan ini sebagai wahana untuk melatih kepekaan sosial, dan jiwa gotong royong membangun bangsa dan Negara.” ungkap Tasdi
Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga selaku ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Bhakti Husada drg. Hanung Wikantono,MPPM, kelak setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat meningkatkan jiwa bhaktinya untuk membangun masyarakat serta bisa mengajak keluarga dan masyarakat untuk bisa lebih menjaga kesehatan diri dan lingkungan agar bisa memiliki pola hidup bersih dan sehat. (PI-2)